Kamis, 09 Desember 2010

Semangat Terbarukan, Menjadi Kebanggaan Indonesia

Pers Release PT PERTAMINA (PERSERO)
Unit Pemasaran BBM Retail Region II
Desember 2010

Semangat Terbarukan, Menjadi Kebanggaan Indonesia
HUT KE - 53 PT PERTAMINA (PERSERO)

PT PERTAMINA (PERSERO) Unit Pemasaran BBM Retail Region II Palembang sebagai salah satu unit operasi yang berlokasi di Propinsi Sumatera Selatan berdampingan dengan Refinery Unit III Plaju telah memasuki usianya yang ke-53 tahun. Usia yang terbilang matang dan dewasa baik dalam melaksanakan bisnisnya dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka pengolahan minyak mentah menjadi produk bbm maupun dalam rangka mendistribusikan bbm tersebut sampai ke masyarakat dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan baik.

Pertamina sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang migas mengemban tugas mulia dari Pemerintah untuk dapat menjadi salah satu tulang punggung pendapatan negara untuk membiayai pembangunan dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Hal ini telah dibuktikan oleh Pertamina sebagai penyumbang terbesar deviden ke Pemerintah dari sektor migas. Untuk tahun 2010, pertamina telah berhasil menyumbang lebih dari 50% pendapatan negara dari sektor BUMN.
Dari sisi efisiensi dan penghematan, Pertamina dengan Program Konversi Energi dari Minyak Tanah ke LPG 3 Kg sejak tahun 2007 konversi digulirkan, berhasil memberikan penghematan sebesar 16,45 Trilyun Rupiah sebuah hasil penghematan yang sangat besar dan signifikan jumlahnya.

Peringatan HUT ke-53 Pertamina di Refinery Unit III
Dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan, Pertamina Refinery Unit III Plaju dan Pertamina Pemasaran Sumbagsel sepakat untuk memperingati HUT kali ini bersama-sama di RU III. Berbagai Acara dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun kali ini. Kegiatan ini dilandasi semangat dan komitmen kedua belah pihak untuk lebih mendekatkan diri sekaligus efisiensi dengan meminimalisir kegiatan yang berkesan perayaan dan berdana besar.
Pertamina RU III mengadakan beberapa kegiatan intern seperti bakti sosial donor darah (14 Desember) yang diikuti oleh pekerjam mitra kerja, dan juga mengundang masyarakat umum, Khitanan massal (13 Desember) untuk 150 anak kurang mampu dari warga disekitar RU III, dan pertandingan olah raga meliputi Volley, Bulutangkis, Tenis lapangan, Tenis meja, Bowling yang telah dilaksanakan mulai 26 November sampai dengan 4 Desember. Kemudian pertandingan Golf yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2010 di padang Golf bagus Kuning. Selain itu kegiatan Bazar juga akan dilaksanakan di halaman Gedung Olah Raga Aneka Ria dan Aerobik untuk umum mengelilingi Komperta Plaju. Acara puncak peringatan HUT Pertamina sendiri dilangsungkan pada hari ini 10 Desember 2010 bersama dengan Pertamina Pemasaran Sumbagsel berlokasi di Gedung Patra Ogan, RU III Plaju. Acara peringatan HUT ke-53 ini akan dihadiri langsung oleh Direktur SDM PT PERTAMINA (PERSERO), Ibu Rukmi Hadihartini yang akan menyerahkan secara simbolis pemberian piagam penghargaan kepada Pekerja RU III Berprestasi, Pekerja Pemasaran Berprestasi karena berhasil memperoleh Sertifikat Pertamina Operation & Service Excellent untuk Depot BBM, pemberian program CSR bidang infrastruktur untuk 3 kecamatan di wilayah Plaju (Kecamatan Plaju, Rambutan, dan Banyuasin 1) senilai 530 juta Rupiah.
Dalam rangka hut ke-53 ini, Ibu Rukmi selaku Direktur SDM juga menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan dari pertamina Pemasaran Sumbagsel kepada siswa SD disekitar lokasi operasi Pertamina dan kepada anak operator SPBU dan cleaning service SPBU sebagai bukti kepedulian sosial pertamina akan pentingnya pendidikan. Melalui Pertamina Pemasaran dan RU III, juga diserahkan bantuan sejumlah 500 sepeda kepada sekolah-sekolah disekitar area operasi pertamina yang dikenal dengan “Laskar Sepeda Pertamina”. Tentunya program-program ini tidak akan berhenti sampai disini saja, namun akan terus berkelanjutan dan dengan pemetaan sosial yang tepat untuk semakin memajukan dan mengembangkan masyarakat Sumatera Selatan khususnya.

Pertamina Pemasaran Peringati HUT Dengan Prestasi,
Pertamina Pemasaran Sumbagsel sendiri tidak mau kalah dalam turut berkontribusi dalam mewujudkan target Pertamina untuk menjadi World Class Company. Program SPBU Pasti Pas yang bertujuan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat telah berhasil mencapai peningkatan dari tahun ke tahun dalam penambahan jumlah SPBU yang berhasil disertifikasi menjadi SPBU Pasti Pas. Saat ini SPBU Pasti Pas diwilayah Sumatera Selatan berjumlah 84 SPBU meningkat sekitar 29% dari tahun 2009 yang berjumlah 65 SPBU Pasti Pas. Demikian juga dengan penjualan Pertamax di Sumatera Selatan yang meningkat sekitar 46% dari 5.932 KL di November 2009 menjadi 8.674 KL di November 2010.

Dari sisi Distribusi Pertamina terus meningkatkan kehandalan depot-depot yang dimiliki di wilayah Sumatera Selatan, pelayanan 24 jam untuk melayani pendistribusian bbm selama masa puasa dan Lebaran, dan strategi distribusi untuk mengamankan suplai bbm di Sumatera Selatan khususnya juga merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam melayani masyarakat. Di tahun 2010 ini, Depot Kertapati di Kota Palembang telah berhasil mendapatkan sertifikat Pertamina Operation & Service Excellent (POSE) sebagai pengakuan bahwa Depot Kertapati adalah salah satu Depot milik Pertamina yang terbaik dari sisi operasi, pelayanan, safety, dan lingkungan.

Pertamina menyadari bahwa keberadaan Pertamina tidak lepas dari masyarakat yang ada di sekitar fasilitas operasi maupun kantor administrasi Pertamina. Oleh karenanya Pertamina Pemasaran Sumbagsel sangat serius dalam melaksanakan Program Corporate Social Responsibility (CSR). Berbagai kegiatan dan program CSR telah dilaksanakan di wilayah Sumatera Selatan dan dana yang dikucurkan sekitar 1,4 Milyar melalui bidang CSR Pendidikan, Sarana Umum, Lingkungan, dan Bencana Alam. Selain itu pertamina juga memberikan bantuan pemberian kacamata gratis, pembangunan sarana pendidikan, operasi pasar murah sembako, operasi katarak, khitanan massal, donor darah, pengobatan gratis, bantuan kepada PMI dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui Program kemitraan dan Bina Lingkungan. Semua kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerja sama Pemerintah Daerah dan Instansi terkait agar lebih fokus dan tepat sasaran kepada masyarakat.

Menyambut Natal dan Tahun baru 2011.
Sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Natal dan Tahun baru 2011, hari besar nasional ini tentunya akan diisi oleh masyarakat Sumatera Selatan dengan berlibur ataupun mengambil masa cuti dari pekerjaan untuk melakukan perjalanan maupun sekedar bersilaturahmi. Pertamina telah menyiapkan stock bbm yang cukup sampai akhir tahun dengan perhitungan konsumsi rata-rata akan mengalami peningkatan maksimal sekitar 5% dari konsumsi biasa atau normal untuk bbm Premium dan maksimal peningkatan 8% untuk bbm Solar.

Pertamina menyampaikan kepada masyarakat Sumatera Selatan untuk tidak perlu resah dan cemas akan kesulitan mendapatkan BBM, pertamina saat ini telah menyalurkan sekitar 10% diatas penyaluran rata-rata perharinya. Diharapkan dengan demikian stok bbm yang beredar di masyarakat dianggap cukup sampai dengan akhir tahun. Masyarakat dihimbau untuk tidak panik dan melakukan “panic buying” di SPBU atau bahkan memanfaatkan adanya Wacana Pembatasan BBM Bersubsidi dan menjadi spekulan bbm dengan menjadi pengecer maupun menimbun bbm.

Dalam rangka hut ke-53 ini, Pertamina juga mengucapkan terima kasih kepada konsumen / pelanggan setia Pertamina yang terus menggunakan produk Pertamina baik dari produk bbm maupun non bbm (pelumas), Pendapatan Pertamina yang berasal dari pembelian produk pertamina oleh masyarakat setelah diserahkan kepada Pemerintah dalam bentuk deviden akan kembali lagi kepada masyarakat melalui pembangunan dan program Pemerintah dalam rangka mensejahterakan rakyat Indonesia. “Pertamina Untung bangsa Untung”.

Pertamina juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra kerja, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota, dan media Massa yang telah bekerja sama dan menjadi sosial kontrol di masyarakat sekaligus evaluator bagi Pertamina untuk memperbaiki diri dan semakin menjadi Perusahaan yang profesional di bidangnya. Dengan Semangat Terbarukan di tahun 2011, Pertamina berkomitmen untuk menjadi kebanggaan Indonesia.
Terima Kasih.

Palembang, 10 Desember 2010
Ast.Man External Relation
Roberth MV

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar