Minggu, 26 Desember 2010

MENYAMBUT NATAL & TAHUN BARU, SATGAS PERTAMINA AMANKAN SUPLAI BBM

Press Release
PT PERTAMINA (PERSERO) Unit Pemasaran Sumbagsel
Desember 2010

MENYAMBUT NATAL & TAHUN BARU,
SATGAS PERTAMINA AMANKAN SUPLAI BBM
(PRIORITASKAN JALUR LINTAS LAMPUNG & BENGKULU)

Tanpa terasa kita telah berada di penghujung tahun 2010 dan bersiap untuk menyambut tahun 2011 yang sudah dalam hitungan hari. Setelah memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat sepanjang tahun ini terutama saat Liburan Sekolah dan di Bulan Suci Ramadhan, Pertamina kembali membentuk SATGAS BBM untuk kembali memberikan pelayanan yang terbaik dalam menyediakan dan mendistribusikan BBM kepada masyarakat dalam rangka liburan Natal dan menyambut Tahun Baru 2011. SATGAS BBM Natal dan Tahun Baru akan telah beroperasi dan bertugas mulai dari tanggal 22 Desember 2010 sampai dengan 10 Januari 2011.
Oleh karena itu, berikut kami sampaikan kesiapan Pertamina dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2011 demi kenyamanan masyarakat dalam memperoleh BBM dan langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Pertamina. Informasi tersebut adalah sebagai berikut :

Kesiapan Pertamina Pemasaran Sumbagsel untuk Wilayah Lampung (Lintas Pantai Timur, Lintas Sumatera, Lintas Tengah, dan Lintas Barat) :

1. Rata-rata Premium 1.700 KL/hari dan Solar 1.100 KL/hari. Saat ini rata-rata penyaluran menyambut Natal & Tahun Baru 2011 adalah sekitar Premium : 1.900 KL dan Solar : 1.300 KL (Tjd penambahan 200 KL di Premium dan Solar atau sekitar 5-7 % penambahan dari penyaluran biasanya). Penambahan penyaluran ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan pengendara kendaraan yang melakukan perjalanan dalam rangka berlibur maupun mudik untuk merayakan Natal dan tahun Baru.
Khusus utk penyaluran BBM di Area Jalinteng (Lintas Tengah) rata-rata penyaluran saat ini terdapat penambahan sekitar 20 KL/hari.
Untuk Area Jalinbar (Lintas Barat) rata-rata penyaluran saat ini terdapat penambahan sekitar 10-20 KL/hari. Hal ini dilakukan Pertamina agar BBM tetap tercukupi dan masyarakat tidak panik dan resah. Berdasarkan pengamatan bahwa jalur ini dalam kondisi normal dan tidak terjadi RUSH di SPBU. Kondisi jalur yang sepi dan cenderung rawan memang berimbas pada waktu operasional SPBU yang hanya sampai pukul 22.00 wib. Pertamina menghimbau agar pengguna kendaraan dapat mengatur waktu perjalanan agar tidak terlalu malam saat memasuki jalur ini dan agar mengisi BBM terlebih dahulu apabila agar tidak terkendala.

2. Untuk Wilayah Lampung yang memiliki 4 (empat) Alternatif Jalur Lintas, Pertamina menyediakan sekitar 56 SPBU dari 118 SPBU secara keseluruhan yang berada di wilayah Propinsi Lampung. 56 SPBU tersebut tersebar antara lain 25 SPBU di Jalur Lintas Sumatera, 11 SPBU di Jalur Lintas Barat, dan masing-masing 10 SPBU di Jalur Lintas Tengah dan Pantai Timur.

Kesiapan Pertamina Pemasaran Sumbagsel untuk Wilayah Bengkulu :

1. Rata-rata penyaluran BBM di Bengkulu adalah Premium 464 KL/hari dan Solar 224 KL/hari. Saat ini rata-rata penyaluran menyambut Natal & Tahun Baru 2011 adalah sekitar Premium : 536 KL dan Solar : 256 KL (Tjd penambahan 72 KL di Premium dan Solar 32 KL atau sekitar 17 % penambahan dari penyaluran biasanya). Penambahan penyaluran ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan pengendara kendaraan yang melakukan perjalanan dalam rangka berlibur maupun mudik untuk merayakan Natal dan tahun Baru.
Untuk wilayah Bengkulu terutama di area Manna, Pertamina menyediakan 10 KL Pertamax sebagai alternatif dari Premium. Hal ini dikarenakan untuk lokasi khususnya Manna, hanya terdapat 2(dua) SPBU dan jarak tempuh ke lokasi tersebut cukup jauh.

Pertamina akan terus memonitor pendistribusian dan penyaluran BBM di wilayah Lampung dan Bengkulu yang diprioritaskan di Jalur-Jalur Lintas agar pengguna kendaraan bermotor yang akan melakukan perjalanan mudik maupun mengisi liburan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan BBM.
Pertamina Pemasaran Sumbagsel juga terus berkordinasi dengan Pertamina Pusat dalam hal ini, dan dari sisi Stock BBM Pertamina masih memungkinkan untuk menambah lagi penyaluran BBM untuk mengamankan ketersediaan BBM di Jalur Lintas dan menyiapkan Mobil Tanki Industri dengan kelengkapan surat jalan untuk membantu mengangkut BBM Bersubsidi apabila diperlukan.
Selain melakukan pengawasan kontinyu melalui SATGAS BBM, Pertamina di masing-masing wilayah tersebut juga melakukan langkah-langkah kordinasi dan antisipasi, antara lain :

1. Pertamina berkordinasi dengan SPBU agar tetap memprioritaskan pelayanan kepada pembeli langsung dan hanya melayani pembelian dgn jerigen terbatas bagi yg mempunyai rekomendasi dari instansi terkait. Hal ini berlaku normal pada kondisi siang sampai sore hari. SPBU yang melanggar tentunya akan mendapatkan langkah pembinaan dr Pertamina.

2. Pertamina senantiasa bekerjasama/berkordinasi dgn Pemda dan Kepolisian utk mengawasi dan menertibkan agar suplai dan penyaluran bbm di SPBU tetap normal,aman,dan mengurangi spekulan.

3. Praktek penyelewengan BBM baik dengan cara menjadi pengecer,pengerit,atau bahkan penimbunan BBM Bersubsidi dapat dikategorikan sebagai tindak pidana yang melanggar UU Migas No.22 Tahun 2001 dan menyalahi aturan Pertamina berdasarkan Surat Man. Penjualan Pertamina No. 1286/F12000/2007-S3 tgl. 26 Nopember 2007 yang berbunyi "Pembelian dg menggunakan Drum dan Jerrycan dpt dilayani apabila dilengkapi dg srt/dokumen dr Instansi yg berwenang. Apabila melanggar dan terbukti bersalah maka pelaku diancam dengan Denda maksimal 6 Milyar Rupiah/Kurungan 6 Tahun Penjara.
4. Masyarakat diharapkan agar tidak melakukan "panic buying", menjadi "spekulan bbm", atau bahkan menimbun bbm. Dihimbau utk menggunakan bbm secara normal/seperti biasa dan turut mengawasi serta melaporkan kepada pihak yg berwajib dan Pertamina apabila menemukan praktek pengisian jirigen ilegal, dan penyelewengan BBM. Masyarakat dapat melapor kepada Pertamina Contact Center di nomer 500000 / 0711-518500 Customer Care Pemasaran Sumbagsel.

Demikian harapan kami agar informasi ini dapat menjadi acuan dan kami mohon bantuan Pihak Media utk dapat dimuat dan disampaikan ke masyarakat sebagai Klarifikasi Resmi dari Pertamina Pemasaran Sumbagsel.

Seluruh Jajaran PT PERTAMINA (PERSERO) Unit Pemasaran Sumbagsel mengucapkan :

“ Selamat Hari Natal 2010 dan Tahun Baru 2011”
Semangat Terbarukan, Menjadi Kebanggaan Indonesia


Best Regards,
Ast. Man External Relation Pertamina Pms. BBM Retail Region II

Roberth MV
(HP : 0811716212)
(Email : roberth@pertamina.com)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar