Sabtu, 03 Januari 2009

Pers Release Media Hari ini 4 Jan 2009 yang dikeluarkan Pusat dan Pertamina Sumbagsel.

Kepada seluruh rekan Media yang terhormat, berikut saya sampaikan Release media tentang penyaluran BBM yang dikeluarkan oleh Pertamina Pusat dan tambahan data untuk wilayah Pertamina Pemasaran Sumbagsel. agar dapat diterima dengan baik..sebagai berikut :
Press Release
Contact Person:
Anang Rizkani Noor
Vice President Communications
PT Pertamina Persero
0811-166519
PERTAMINA MAKSIMALKAN DISTRIBUSI BBM
(Pers Release Nasional)

4 Januari 2009 - PT Pertamina Persero melanjutkan distribusi BBM ke seluruh wilayah nusantara secara maksimal. Guna menunjang kegiatan tersebut, depot depot Pertamina di seluruh Indonesia beroperasi selama 24 jam dalam lima hari terakhir.
Stok nasional BBM selama tiga hari terakhir (dari tanggal 1 Januari s/d 3 Januari) untuk premium 2.763.149 Kiloliter atau cukup untuk 13,4 hari dan Solar 5.283.642 persediaan selama 28,3 hari.
Hasil penyaluran nasional selama tiga hari terakhir (dari tanggal 1 januari s/d 3 januari) premium 164.122 Kiloliter dan solar 94.733 Kiloliter.
Menurut Direktur utama PT Pertamina Pertamina Ari Soemarno, “Langkah tindak lanjut adalah meneruskan distribusi BBM selama 24 jam, memberikan kredit kepada pengusaha SPBU yang belum memiliki Delivery Order (DO) selama bank persepsi libur Sabtu minggu”.
Langkah Pertamina lainnya adalah melaksanakan contigency plan dengan menerapkan sistem manual sekaligus berkordinasi dengan bank persepsi agar melayani transaksi selama libur. Untuk itu penyaluran BBM akan kembali pada kondisi normal besok.
Adapun penyebab hambatan distribusi BBM di SPBU adalah berkurangnya stok BBM di SPBU menjelang 1 Januari 2009, libur panjang menganggu administrasi pembayaran dan penerapan MySAP yang belum dapat berjalan sempurna sehingga menyebabkan delay pengangkutan ke SPBU.
--------#--------

Untuk Wilayah PT PERTAMINA (PERSERO) Pemasaran Sumbagsel adalah sebagai berikut :
- Dari Sisi Retail (Penyaluran BBM untuk SPBU) :
1. Dibutuhkan Migrasi Data dari Sistem SAP ke Sistem MySAP yang baru, pada penyaluran tanggal 2-3 Jan 2009 hanya terjadi keterlambatan suplai sekitar 2 jam dan kondisi SPBU masih memiliki stok. Sehingga tidak terjadi kekosongan di banyak SPBU seperti yang terjadi di ibu kota.
2. Pertamina Pemasaran Sumbagsel membentuk Tim Khusus/Posko mulai tanggal 31 Des 2008 sampai 15 Februari 2009 untuk memonitor arus keluar masuk data di sistem MySAP agar Migrasi Data dapat berjalan dengan baik sehingga penyaluran dapat berjalan lancar ke SPBU.
3. Pertamina juga menyediakan layanan Kredit bagi SPBU yang pada hari Sabtu dan Minggu tidak memiliki DO (Delivery Order).
4. Sales Representatif BBM Retail dan Tim Serv-Q juga masih melakukan monitor terhadap penyaluran BBM di wilayah kerja masing-masing sesuai dengan Tim Satgas Natal dan Tahun Baru.
- Dari Sisi Distribusi (Penerimaan, Penimbunan, dan Penyaluran BBM) :
1. Sampai saat ini Stock BBM di wilayah kerja Pemasaran Sumbagsel masih dalam keadaan aman dan sangat mencukupi.
2. Penyaluran BBM melalui Depot-Depot Pertamina di wilayah Sumbagsel dilakukan selama 24 jam penuh, hal ini untuk mendukung kelancaran distribusi/pengiriman BBM ke SPBU maupun lembaga penyalur BBM lainnya.
3. Ketahanan Stock BBM per-tanggal 4 Januari 2009 di wilayah Pemasaran Sumbagsel adalah sebagai berikut :
- Stock SumSel : Premium +/- 7 hari, Kerosene +/- 10 hari, Solar +/- 8 hari.
- Stock Lampung : Premium +/- 14 hari, Kerosene +/- 12 hari, Solar +/- 20 hari.
- Stock Jambi : Premium +/- 12 hari, Kerosene +/- 11 hari, Solar +/- 11 hari.
- Stock Bengkulu : Premium +/- 10 hari, Kerosene +/- 9 hari, Solar +/- 21 hari.
- Stock BaBel : Premium +/- 7 hari, Kerosene +/- 13 hari, Solar +/- 11 hari.

Maka dengan ini kami sampaikan bahwa kondisi wilayah kerja Pertamina Pemasaran Sumbagsel dalam keadaan aman dan terkendali, tidak terjadi kendala yang signifikan dalam proses migrasi data maupun proses penyaluran dan pelayanan BBM bagi masyarakat.
Palembang 4 Januari 2009. Terima Kasih.


PT PERTAMINA (PERSERO)
Pemasaran Sumbagsel

External Relation

1 komentar:

  1. beee... gilo nian foto tuh... perasaan dak cak itu nian... humas metal euy...!!!!

    BalasHapus