Jumat, 08 Juli 2011

PENYALURAN BBM DI LINTAS JAMBI-SUMSEL NORMAL (PENGENDALIAN SUPLAI AGAR MERATA)

Pers Release PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II
05.07.2011

Tanggapan PT PERTAMINA (PERSERO) Fuel Retail Marketing Region II Terhadap Pemberitaan kelangkaan BBM di Media TVOne, khususnya Di Wilayah Sumatera Bagian Selatan, Jalur Lintas Sumatera Jambi-Sumsel

PENYALURAN BBM DI LINTAS JAMBI-SUMSEL NORMAL
(PENGENDALIAN SUPLAI AGAR MERATA)


PT PERTAMINA (PERSERO) Fuel Retail Marketing Region II Palembang dalam hal ini sebagai Perusahaan BUMN yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyalurkan dan mendistribusikan BBM bersubsidi di wilayah Sumbagsel, termasuk Propinsi Sumatera Selatan khususnya di Jalur Lintas Sumatera antara Propinsi Jambi dan Propinsi Sumatera Selatan, menganggap perlu untuk memberikan klarifikasi dan informasi yang diperlukan oleh masyarakat melalui media massa untuk memberikan informasi terkini dan akurat sekaligus mengantisipasi agar tidak terjadi “Panic Buying” di masyarakat. Tentunya pemberitaan dan opini akan kelangkaan BBM di masyarakat saat ini menjadi prioritas utama Pertamina dalam menjaga kelancaran dan ketersediaan BBM di SPBU.

Berikut beberapa point penting yang dapat kami sampaikan kepada Saudara untuk melengkapi dan memenuhi kaidah “Cover Both Side” dalam penulisan berita mengenai hal tersebut sekaligus sebagai klarifikasi resmi dari kami,

PROPINSI SUMATERA SELATAN
Provinsi Premium Solar
Kuota 2011 Kuota YTD Juni Real YTD Juni Real vs Kuota Kuota 2011 Kuota YTD Juni Real YTD Juni Real vs Kuota
Sumsel 679.651 337.032 368.725 109% 529.155 262.403 314.580 120%
Banyuasin 51.400 25.489 30.559 120% 58.268 28.894 33.526 116%

Keterangan :
• Kuota YTD Juni : Jumlah BBM yang seharusnya disalurkan berdasarkan kuota 2011.
• Real TYD Juni : Jumlah BBM yang disalurkan secara real di lapangan.
• Real vs Kuota : Prosentase realisasi berbanding kuota.

1. Berdasarkan Kuota BBM Bersubsidi untuk Propinsi Sumatera Selatan, maka penyaluran per hari adalah sejumlah 1.862 KL/Hari untuk Premium dan 1.450 KL/Hari untuk Solar. Sebagai contoh Penyaluran 01.07.2011 Premium 2499 KL (132%) dan Solar 1973 KL(136%). Sehingga secara Propinsi Sumatera Selatan telah over kuota sebesar 109% untuk Premium dan 120% untuk Solar.
2. Sedangkan untuk Wilayah Kabupaten Banyuasin, dimana dikatakan terjadi kelangkaan di Jalur Lintas Jambi-Sumsel dapat kami sampaikan bahwa Penyaluran juga telah over kuota seperti terlihat dari data diatas yaitu Premium Over Kuota 120% dan Solar Over Kuota 116%.
3. Disepanjang Jalur Lintas Jambi-Sumsel terdapat 10(Sepuluh) SPBU dan salah satunya adalah SPBU di KM.47 yang diberitakan terjadi kelangkaan. Pengendalian penyaluran BBM memang dilakukan agar penyaluran BBM tetap tepat sasaran dan tersebar secara merata di setiap SPBU. Dengan demikian Masyarakat dapat mendapatkan BBM di beberapa SPBU yang tersedia dan tidak harus di salah satu SPBU saja.
4. Untuk mengantisipasi opini dan kondisi di lapangan (SPBU) akan adanya antrean Pertamina secara selektif menambahkan suplai secara selektif ke SPBU yang tetap disesuaikan dengan ketersedian kuota dan kebutuhan riil konsumen BBM.
5. Pertamina telah berkordinasi dengan Pemda setempat dalam rangka menertibkan pembelian BBM dengan menggunakan Jeriken dengan menggunakan kartu kendali di wilayah tersebut untuk mengantisipasi Spekulan BBM.
6. Saat ini Pertamina juga terus melakukan pembinaan kepada SPBU yang “nakal” atau bermasalah. Pembinaan ini ditujukan untuk tetap menjaga performa SPBU dalam melayani masyarakat dan memberikan efek jera bagi SPBU yang terbukti melakukan tindakan yang merugikan konsumen atau menyebabkan performa SPBU menurun dan tidak maksimal melayani masyarakat. Pembinaan ini berupa teguran maupun penghentian suplai kepada SPBU tersebut.
7. Pemahaman Seluruh Lapisan Masyarakat (Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Masyarakat Umum) akan pentingnya melakukan Gerakan Hemat BBM dan bersama-sama mengawasi dan memantau pendistribusian BBM Bersubsidi agar tepat sasaran dan tidak termasuk di dalam lingkaran spekulan BBM Bersubsidi. Dengan turut mengawasi pendistribusian BBM Bersubsidi dan mencegah, menegur, bahkan melaporkan apabila mengetahui terdapat tindak penyelewengan BBM Bersubsidi, secara tidak langsung telah mendukung dan mewujudkan pendistribusian BBM Bersubsidi yang tepat sasaran sehingga kelangkaan akibat pendistribusian yang tidak tepat sasaran dapat diminimalisir.
8. Aksi Proaktif SPBU terhadap Pelayanan Penjualan BBM. Pertamina juga meng-appreciate SPBU sebagai Mitra Pertamina yang secara proaktif senantiasa berkordinasi dengan Pertamina dalam memonitor ketersediaan BBM di SPBU dan melakukan pengaturan penyaluran secara proaktif dan melayani penjualan BBM secara bijak di SPBU agar tidak terjadi antrean dan stok tetap tersedia di SPBU.

Demikian kami sampaikan dan besar harapan kami bahwa release ini dapat menjadi acuan dan informasi untuk dimuat sebagai tanggapan kami atas pemberitaan yang dimuat. Terima Kasih

PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel
Asisten Manajer External Relation

Roberth MV
HP : 0811716212
Email : roberth@pertamina.com
Blog : http://roberthmv.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar