Kamis, 30 Juni 2011

Pertamina Kordinasi Dengan Kepolisian Tertibkan Penyaluran BBM di Sarolangun (“Panic Buying” Akibat SPBU Kesulitan Financial)

Pertamina Kordinasi Dengan Kepolisian Tertibkan Penyaluran BBM di Sarolangun
(“Panic Buying” Akibat SPBU Kesulitan Financial)


PT PERTAMINA (PERSERO) Fuel Retail Marketing Region II Palembang dalam hal ini sebagai Perusahaan BUMN yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyalurkan dan mendistribusikan BBM bersubsidi di wilayah Sumbagsel, termasuk Kabupaten Sarolangun dan Tebo di Provinsi Jambi, menganggap perlu untuk memberikan klarifikasi dan informasi yang diperlukan oleh masyarakat melalui media massa untuk memberikan informasi terkini dan akurat sekaligus mengantisipasi agar tidak terjadi “Panic Buying” di masyarakat.
Untuk itu kiranya perlu kami sampaikan beberapa hal sebagai klarifikasi dan konfirmasi informasi kepada media sekaligus memohon bantuan dan kerja sama dari media untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi kepanikan dan opini negative yang berkembang di masyarakat..
Berikut beberapa point penting yang dapat kami sampaikan kepada Saudara untuk melengkapi dan memenuhi kaidah “Cover Both Side” dalam penulisan berita mengenai hal tersebut sekaligus sebagai klarifikasi resmi dari kami,

Penyaluran BBM di Kabupaten Tebo Terkendala Oleh Kesulitan Finansial yang Dialami oleh 2 (dua) SPBU.
1. Daerah Kabupaten Tebo, Jambi memiliki 3 (tiga) SPBU yang tersebar di sekitar pusat Kabupaten Tebo. Berdasarkan pantauan Team Pertamina di lapangan, sebanyak 2 (dua) dari ketiga SPBU tersebut sejak beberapa waktu terakhir mengalami kesulitan financial, dan hal ini berpengaruh terhadap pasokan BBM dari Pertamina kepada kedua SPBU tersebut, dikarenakan pemilik SPBU tidak dapat melakukan setoran pembelian sehingga ketersediaan Loading Order (LO) pada hari Minggu dan Senin, khususnya Solar tidak dapat terpenuhi oleh kedua SPBU tersebut, sementara itu sesuai dengan prosedur yang telah disepakati bersama, bahwa pengiriman BBM akan dilakukan Pertamina setelah pemilik SPBU melakukan setoran pembelian.
2. Saat ini, Pertamina senantiasa bersedia melayani pasokan BBM kepada kedua SPBU tersebut, apabila kedua SPBU yang dimaksud dapat memenuhi LO sesuai dengan prosedur sebagaimana yang biasa dioperasikan.
3. Untuk mengantisipasi gejolak di masyarakat, Pertamina juga telah berkoordinasi dan meminta bantuan kepada Polres Tebo guna turut bersama-sama mengamankan SPBU yang saat ini beroperasi agar tidak terjadi gejolak yang berlebihan.

Penyaluran BBM di Kabupaten Sarolangun Over Kuota, Panic Buying Masyarakat Kabupaten Sarolangun Masih Tetap Terjadi.

1. Pertamina tetap melaksanakan penyaluran BBM sesuai dengan kebutuhan di Kabupaten Sarolangun, Jambi, namun sehubungan dengan maraknya pemberitaan kelangkaan BBM di beberapa wilayah, memicu terjadinya Panic Buying di kalangan masyarakat Kabupaten Sarolangun, sehingga hal ini memicu percepatan konsumsi BBM di SPBU-SPBU yang terdapat di Kabupaten tersebut.
2. Realisasi BBM Premium untuk Kabupaten Sarolangun hingga akhir Mei 2011 mencapai 11.760 Kiloliter (KL) atau telah melebihi dari jumlah penyaluran yang ditetapkan oleh pemerintah (over kuota) sebanyak 4,3% dari kuota yang ditetapkan pemerintah sebanyak 11.280 KL. Sementara itu, realisasi BBM jenis Solar di Kabupaten Sarolangun hingga akhir Mei 2011 telah mencapai angka 9582 KL, atau telah over kuota sebanyak 13,8% dari kuota yang ditetapkan sebanyak 8423 KL oleh pemerintah.
3. Dalam menjaga kelancaran distribusi BBM di Kabupaten Sarolangun, Pertamina senantiasa melakukan koordinasi bersama Pemerintah Daerah setempat, beserta jajaran aparat kemanan, agar pendistribusian BBM dapat berjalan dengan aman dan tepat sasaran.
4. Pertamina akan terus melakukan langkah progressive dalam menangani kondisi ini, antara lain dengan melakukan komunikasi yang efektif serta monitoring stock BBM di SPBU melalui Program Monitoring Stok seperti MS2 (Management Stok SPBU) serta Satgas setempat, selain itu Pertamina juga membuka layanan Contact Center Pertamina di 500-000 atau (0711) 518500.

Demikian kami sampaikan dan besar harapan kami bahwa release ini dapat menjadi acuan dan informasi untuk dimuat sebagai tanggapan kami atas pemberitaan yang dimuat. Terima Kasih

PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel
Asisten Manajer External Relation


Roberth MV
###
PT Pertamina (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penambangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Saat ini, Pertamina berkomitmen mendorong proses transformasi internal dan pengembangan yang berkelanjutan guna mencapai standar internasional dalam pelaksanaan operasional dan tatakelola lingkungan yang lebih baik, serta peningkatan kinerja perusahaan sebagai sasaran bersama. Sebagai perusahaan migas nasional, Pertamina berkomitmen untuk mewujudkan keseimbangan antara pencapaian keuntungan perusahaan dengan kualitas pelayanan publik. Dengan 52 tahun pengalaman menghadapi tantangan di lingkungan geologi Indonesia, Pertamina merupakan perintis pengembangan usaha gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG). Lingkup usaha Pertamina termasuk dalam melakukan eksplorasi dan produksi migas; pengolahan kilang minyak, manufaktur dan pemasaran produk-produk energi dan petrokimia; pengembangan BBM nabati, tenaga panas bumi dan sumber-sumber energi alternatif lain. Kegiatan operasi dan fasilitas infrastruktur Pertamina tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina melayani kebutuhan energi bagi lebih dari 220 juta rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar