Kamis, 23 Juni 2011

Pertamina Partisipasi Dalam KPK Integrity Fair 2011 Palembang




Pertamina Partisipasi Dalam KPK Integrity Fair 2011 Palembang

Sebagai wujud komitmen Pertamina sebagai BUMN bebas korupsi yang menjadi salah satu point pedoman 6C (Pertamina Clean) serta memberikan edukasi dan informasi tentang penerapan Good Corporate Governance (GCG), Pertamina turut berpartisipasi dalam Integrity Fair KPK 2011 dengan tema “Integritasku Untuk Palembang yang Bermartabat”. Acara dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 17-19 Juni 2011 dengan bertempat di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.
Pameran yang berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 20.00 WIB ini dibuka oleh Wakil Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Bibid Samad Rianto dan Walikota Palembang Edy Santana Putra, sedangkan dari pihak PT Pertamina (Persero) turut hadir Manager Compliance, Mardiani dan General Manager Fuel Retail Region II Sumbagsel Abdul Cholid beserta tim manajemen FRM Region II Sumbagsel.
Bibit Samad Rianto dalam sambutannya saat membuka acara KPK Integrity Fair 2011 ini mengatakan integritas moralitas merupakan potensi yang sarat terjadinya tindakan korupsi yang kedua setelah system. Untuk itu sebenarnya integritas tersebut harus dibangunsejak dini bahkan sejak masa kanak-kanak. “sejak dini ajari lah anak-anak untuk memiliki integritas dalam kejujuran, keberanian sehingga kelak menjadi manusia yang berintegritas,” tegasnya.
Ia juga mengungkapkan Ada 5 komponan yang sarat akan terjadinya tindakan korupsi yaitu system, integritas, remunerasi, pengawasan, dan budaya yang sarat akan nilai-nilai tempo dulu luntur seiring dengan hilangnya integritas dari diri seseorang.
Dalam kesempatan yang terpisah, GM Pertamina FRM Region II Sumbagsel menjelaskan kepada Pimpinan KPK dan Walikota Palembang yang mengunjungi Stand Pertamina tentang bagaimana progres penerapan GCG di Pertamina. Ia menjelaskan bahwa sejak program transformasi dicanangkan oleh Pertamina pada tahun 2006 lalu, Pertamina secara serius berupaya menegakkan dan mengedepankan prinsip GCG di dalam aspek bisnisnya untuk menjadikan Pertamina sebagai free corruption zone.
Abdul Cholid juga mengungkapkan keseriusan Pertamina dalam memerangi korupsi mendapat pengakuan yang tidak hanya datang dari internal Pertamina. Komisi Pemberantasan Korupsi telah menempatkan Pertamina sebagai satu dari lima belas perusahaan dan institusi nasional yang meraih score index integritas tertinggi.
“Seperti diketahui oleh Pimpinan KPK sendiri, Pertamina juga dipercaya oleh KPK untuk menjadi Pilot Project dalam pengelolaan gratifikasi di lingkungan BUMN. Dengan adanya penandatangan komitmen penerapan Program Pengendalian Gratifikasi beberapa waktu lalu,” ujarnya
Untuk melembagakan budaya-budaya GCG, Pertamina telah menerapkan sejumlah program anti korupsi di lingkungan perusahaan. Bersama Tiga Pilar Kemitraan, Pertamina telah menjalankan Prinsip-prinsip Integritas Perusahaan. Budaya untuk bertindak jujur, dapat dipercaya, senantiasa menghindari konflik kepentingan, dan tidak mentoleransi suap, secara pasti mulai menjadi way of life dari setiap insan Pertamina. Hadirnya whistle blowing system di perusahaan, yang diadopsi dari sistem yang juga diterapkan di lingkungan KPK, menambah bukti keseriusan Pertamina dalam memerangi korupsi.
Sementara itu, dalam partisipasinya di ajang KPK Integrity Fair 2011 kali ini, Pertamina menargetkan pengunjung pameran sebanyak 500 orang. Hingga hari terakhir pameran (19/6), jumlah pengunjung yang tercatat di buku tamu mencapai 512 pengunjung, jumlah ini belum termasuk pengunjung yang tidak / lupa mengisi buku tamu. Dari jumlah yang cukup besar tersebut, hal ini menunjukkan antusiasme Masyarakat Sumatera Selatan yang cukup tinggi terhadap stand Pertamina.
Selain topik mengenai korupsi, sebagian dari para pengunjung juga ingin mendapatkan informasi terkait dengan Gratifikasi yang saat ini sudah tergolong sebagai korupsi dan dilakukan pembuktian terbalik. Pada kesempatan ini pula, Pertamina mengadakan kuis serta kuesioner yang dibagikan kepada para pengunjung stand pameran Pertamina, dimana bagi para pengunjung yang dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan benar, akan mendapatkan berbagai souvenir menarik seperti T-Shirt Pelumas Pertamina, Tempat Ballpoint beserta jam digital, serta Mug beserta Ballpoint Pertamina Clean. Adapun pertanyaan pada kuis maupun kuesioner, berkisar pada lingkup Pertamina Clean serta Basic Knowledge mengenai produk-produk Pertamina baik itu BBM Non Subsidi maupun Pelumas. **

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar