Kamis, 23 Juni 2011

Pertamina Salurkan BBM di Jambi Secara Normal (Premium dan Solar Diatas 100 Persen)

Pers Release PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II
23.06.2011


Pertamina Salurkan BBM di Jambi Secara Normal
(Premium dan Solar Diatas 100 Persen)


PT PERTAMINA (PERSERO) Fuel Retail Marketing Region II Sumatera Selatan dalam hal ini sebagai Perusahaan BUMN yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyalurkan dan mendistribusikan BBM bersubsidi di wilayah Sumbagsel, termasuk Propinsi Jambi menganggap perlu untuk memberikan klarifikasi dan informasi yang diperlukan oleh masyarakat melalui media massa untuk memberikan informasi terkini dan akurat sekaligus mengantisipasi agar tidak terjadi “Panic Buying” di masyarakat.

Untuk itu kiranya perlu kami sampaikan beberapa hal sebagai klarifikasi dan konfirmasi informasi kepada media sekaligus memohon bantuan dan kerja sama dari media untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi kecemasan dan opini negative yang berkembang di masyarakat..

Berikut beberapa point penting yang dapat kami sampaikan kepada Saudara untuk melengkapi dan memenuhi kaidah “Cover Both Side” dalam penulisan berita mengenai hal tersebut sekaligus sebagai klarifikasi resmi dari kami,

Penyaluran BBM di Propinsi Jambi Diatas Normal.

1. Penyaluran BBM bersubsidi untuk wilayah Propinsi Jambi memang sempat tertunda pada Hari Senin (20/6) karena adanya penyesuaian teknis (technical maintenance) di Terminal BBM Jambi, namun penundaan pengiriman BBM ini bukan diakibatkan stok BBM yang langka atau kosong di Terminal BBM Jambi. Setelah proses technical maintenance selesai dilaksanakan demi kehandalan dan kelancaran operasional Terminal BBM Jambi, Pertamina tetap melaksanakan langkah aktif dan kekosongan BBM yang terjadi akibat penundaan tersebut di beberapa SPBU telah teratasi pada Senin malam.
2. Adapun fenomena antrean dan stok BBM di SPBU yang lebih cepat terserap oleh konsumen yang masih terjadi di beberapa SPBU di wilayah Jambi dan masih terjadi hingga Rabu (22/6) dikarenakan sikap panic buying yang timbul di masyarakat, serta adanya ulah beberapa oknum yang membeli BBM dengan kendaraan roda empat secara berulang kali ke SPBU. Selain itu kendaraan industri pengangkut batubara juga memiliki andil dalam mengkonsumsi BBM Bersubsidi di SPBU sehingga mengurangi kesempatan dan ketersedian BBM Bersubsidi bagi masyarakat pada umumnya.
3. Sampai dengan saat ini, Pertamina Fuel Retail Marketing Region II khususnya untuk wilayah Propinsi Jambi telah menyalurkan BBM Bersubsidi Diatas penyaluran normal dengan penyaluran sebagai berikut :
• Premium, Penyaluran per Jan-Mei 2011 sejumlah 161.368 KL atau sama dengan 114% dari penyaluran normal BBM Bersubsidi (Over Kuota 14%).
• Solar, Penyaluran per Jan-Mei 2011 sejumlah 121.974 KL atau sama dengan 136% dari penyaluran normal BBM Bersubsidi (Over Kuota 36%).
4. Pertamina terus berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Aparat Pengamanan, dan Hiswana Migas untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka mengamankan pendistribusian BBM bersubsidi ini agar tepat sasaran dan tidak rawan penyelewengan.
5. Pertamina juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama mengawasi pendistribusian BBM Bersubsidi, dan tentunya secara sadar dan bersama-sama mendukung Gerakan Hemat BBM demi kepentingan bersama dan kelancaran aktivitas sehari-hari.
6. Pertamina akan terus melakukan langkah progressive dalam menangani kondisi ini, antara lain dengan melakukan komunikasi yang efektif serta monitoring stock BBM di SPBU melalui Program Monitoring Stok seperti MS2 (Management Stok SPBU) serta Satgas setempat, selain itu Pertamina juga membuka layanan Contact Centre Pertamina di 500-000 atau (0711) 518500.

Demikian kami sampaikan dan besar harapan kami bahwa release ini dapat menjadi acuan dan informasi untuk dimuat sebagai tanggapan kami atas pemberitaan yang dimuat. Terima Kasih.

PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel
Asisten Manajer External Relation


Roberth MV
###
PT Pertamina (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penambangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Saat ini, Pertamina berkomitmen mendorong proses transformasi internal dan pengembangan yang berkelanjutan guna mencapai standar internasional dalam pelaksanaan operasional dan tatakelola lingkungan yang lebih baik, serta peningkatan kinerja perusahaan sebagai sasaran bersama. Sebagai perusahaan migas nasional, Pertamina berkomitmen untuk mewujudkan keseimbangan antara pencapaian keuntungan perusahaan dengan kualitas pelayanan publik. Dengan 52 tahun pengalaman menghadapi tantangan di lingkungan geologi Indonesia, Pertamina merupakan perintis pengembangan usaha gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG). Lingkup usaha Pertamina termasuk dalam melakukan eksplorasi dan produksi migas; pengolahan kilang minyak, manufaktur dan pemasaran produk-produk energi dan petrokimia; pengembangan BBM nabati, tenaga panas bumi dan sumber-sumber energi alternatif lain. Kegiatan operasi dan fasilitas infrastruktur Pertamina tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina melayani kebutuhan energi bagi lebih dari 220 juta rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar