Rabu, 01 Juli 2009

SPBU Pasti Pas Utamakan Kepuasan Konsumen


Saat ini Pertamina sedang mempercepat transformasi menuju Word Class Company dan meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Salah satu wujud Tranformasi tersebut adalah Program Pertamina Way-Pasti Pas yaitu program peningkatan performance SPBU secara menyeluruh.. 

Terdapat 5 element dalam Program Pertamina way yaitu : (1) Staf yang terlatih dan bermotivasi : meliputi penampilan operator ,pelayanan pelanggan dengan senyum salam sapa, dan penanganan keluhan pelanggan ; (2) Jaminan kualitas dan kuantitas : jaminan ketepatan takaran dan mutu BBM yang dijual,; (3) Peralatan dan fasilitas yang terawat baik : meliputi terawatnya peralatan SPBU seperti dispenser, tangki timbun, APAR dll dan fasilitas SPBU seperti Mushola dan Toilet yang bersih, dll (4) Format fisik yang konsisten : tampilan visual yang sesuai dengan standar Pertamina; (5) Penawaran produk yang comperhensif : seperti tersedianya Minimarket, Restaurant, ATM, Bengkel, Car Wash dll.

Dalam program ini Pertamina memberikan pelatihan kepada Operator dan supervisor SPBU mengenai standar standar Pertamina Way - Pasti Pas, selain itu kepada SPBU diberikan berbagai aksesoris pendukung seperti Seragam, Topi, Kantong Uang, kaleng Sample, Thermometer dan lain lain. Kepada SPBU juga diberikan bimbingan intensif di lapangan (Coaching) oleh Petugas Pertamina agar dapat memenuhi standar standar Pertamina Way-Pasti Pas. Kemudian SPBU akan diaudit sertifikasi oleh auditor independen, saat ini dilaksanakan oleh PT Citra Buana Indoloka.

Terdapat kurang lebih 150 item dalam checklist audit Pasti Pas yang mencangkup kelima elemen Pertamina Way diatas yang harus dipenuhi oleh SPBU untuk dapat menyandang Predikat Pasti Pas. Tidak mudah untuk lolos dari audit ini, Beberapa SPBU gagal pada Audit Pertama dan baru dapat lolos setelah melakukan perbaikan perbaikan yang diperlukan.

Untuk menjaga konsistensi SPBU yang telah lolos Pasti Pas, dilakukan audit surveilance setiap bulan.

Bila SPBU tidak konsisten (gagal 2 kali dari 3 audit surveilenace ), maka status Pasti pas akan dicabut, untuk Sumsel pada Bulan Juni ini ada 2 SPBU yang sempat dicabut sementara status Pasti Pas nya, akan tetapi kedua SPBU tersebut segera memperbaiki item penilaian yang gagal hingga kembali lolos resertifikasi Pasti Pas.

SPBu Pasti Pas Sumsel terus bertambah, tahun 2007 baru ada 4 SPBU Pasti Pas, meningkat menjadi 27 SPBU pada tahun 2008, saat ini per 29 Juni 2009 terdapat 49 SPBU Pasti Pas, sampai akhir tahun ditargetkan SPBU Pasti Pas mencapai 66 SPBU dari total 120 SPBU di Sumatera Selatan.. untuk Seluruh Indonesia Per 29 Juni 2009 terdapat 1940 SPBU Pasti Pas dari total sekitar 4300 SPBU.
SPBU pasti Pas dapat dikenali dengan Single Pole / Neon Box dan Spanduk si Jempol Pasti Pas di bagian depan SPBU, Emblem Pasti Pas pada baju Operator SPBU dan Sertifikat Pasti Pas yang terpasang di kantor SPBU.

Terimakasih,

Roberth MV Dumatubun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar