Kamis, 10 November 2011

BENTUK SATGAS SEA GAMES XXVI PERTAMINA AMANKAN KETERSEDIAAN BBM



















Press Release
PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II
10.11.2011

BENTUK SATGAS SEA GAMES XXVI
PERTAMINA AMANKAN KETERSEDIAAN BBM


PT PERTAMINA (PERSERO) Fuel Retail Marketing Region II Palembang dalam hal ini sebagai Perusahaan BUMN yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk menyalurkan dan mendistribusikan BBM bersubsidi di wilayah Sumbagsel, khususnya Propinsi Sumatera Selatan saat ini sedang berkonsentrasi penuh untuk turut mensukseskan jalannya Event Besar Sea Games XXVI yang bukan saja membawa nama Propinsi Sumatera Selatan, namun juga Indonesia.

Propinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Opening Ceremony dan Closing Ceremony Sea Games XXVI serta lokasi pelaksanaan beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan. Tentunya hal ini menjadikan Kota Palembang khususnya mengalami peningkatan yang signifikan dari sisi transportasi dan mobilitas baik panitia maupun kontingen peserta yang tidak saja bertanding namun juga menikmati keindahan Kota Palembang dan sekitarnya.

Untuk itu kiranya perlu kami sampaikan beberapa hal sebagai informasi baik kepada media maupun masyarakat bahwa pertamina telah komit dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik terutama dalam penyediaan dan pendistribusian BBM khususnya di wilayah Kota Palembang dan disekitar Jakabaring Sport City untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pihak yang sedang mengikuti, maupun menikmati dan menyaksikan Event Sea Games XXVI.

Berikut beberapa point penting yang dapat kami sampaikan kepada Saudara untuk melengkapi informasi dalam penulisan berita mengenai hal tersebut sekaligus sebagai Press Release resmi dari kami,

PERTAMINA bentuk Satgas Sea Games XXVI dan Siapkan Infrastruktur Untuk Pelayanan BBM, BBK, Gas LPG, dan Avtur.

Demi kelancaran Penyediaan dan Pendistribusian BBM, BBK (Pertamax), Gas LPG, dan Avtur, Pertamina telah membentuk Satgas Sea Games yang beroperasi dari tanggal 06 November sampai dengan 25 November 2011. Satgas Sea Games ini bertugas memantau pendistribusian BBM khususnya di wilayah Kota Palembang dan wilayah di sekitar Jakabaring Sport City dengan jumlah personel lebih dari 40 personel yang tersebar di Kantor Unit Pertamina Fuel Retail Marketing Region II, TBBM Kertapati, Depot LPG P. Layang, dan DPPU SMB II Bandara SMB II.
Pertamina Fuel Retail Marketing Region II juga berkordinasi dengan Pihak Kepolisian Polresta Palembang untuk dapat memperoleh ijin Mobil Tangki Pertamina baik yang membawa BBM, BBK, ataupun Avtur agar dapat melalui Jembatan Ampera demi kelancaran suplainya ke SPBU maupun ke Bandara SMB II.

Dari Sisi Fuel Retail Marketing :
• Pertamina FRM Region II telah menyiapkan BBM kurang lebih sekitar 10% (Sepuluh Persen) lebih banyak dari Realisasi di Bulan Oktober khusus untuk Kotamadya Palembang.

Produk Real Oktober Prediksi November
Premium (634 KL/Hr) (731 KL/Hr)
Solar (537 KL/Hr) (610 KL/Hr)
Pertamax(15 KL/Hr) (17 KL/Hr)

• Satgas Sea Games juga berkordinasi dengan SPBU untuk senantiasa melaporkan stok BBM di SPBU dan segera melakukan pengiriman BBM apabila terdapat SPBU yang sudah kritis stok BBM.
• Berkordinasi dengan Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kota untuk dapat memantau dan mengawasi pendistribusian BBM serta berkordinasi apabila diperlukan untuk pengaturan pendistribusian BBM.
• Berkordinasi dengan Kepolisian untuk memantau penertiban dan pengamanan pendistribusian BBM di SPBU.

Dari Sisi Suplai dan Distribusi :
• Terminal BBM (TBBM) Kertapati akan siaga/standby beroperasi selama 24 jam apabila diperlukan untuk menyalurkan BBM yang diperlukan dalam rangka Sea Games XXVI.
• TBBM Kertapati telah menyiapkan 51 unit Armada Mobil Tangki dengan Pola Sewa Reguler dan menambah dengan 6 unit Armada Mobil Tangki Pola Tarif untuk mem-back up kebutuhan armada pengangkut BBM.
• Penyaluran BBM di wilayah Kota Palembang pada H-1 akan dilaksanakan sampai dengan malam hari untuk Buffer Stock di SPBU.
• Saat ini Kondisi Stok BBM Premium, Solar, dan Pertamax di TBBM Kertapati dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan BBM selama Event Sea Games berlangsung.

Dari Sisi Industry & Marine
• Untuk pemenuhan BBM Non Subsidi terutama bagi Armada Kapal dan kebutuhan PLN, Pertamina telah menyiapkan BBM Non Subsidi untuk operasional selama Sea Games.
• KM Lambelu milik PELNI yang difungsikan juga sebagai penginapan disediakan sekitar 230 KL untuk BBMnya.
• KM Tunas Wisesa yang membawa obor Sea Games disediakan sekitar 400 KL yang setengahnya telah diisi di Jakarta dan sisanya akan diisi di Palembang sekitar 200 KL.
• Untuk PLN telah disediakan sekitar 30 KL.
• Untuk KRI Tanjung Nusa Nive, KRI Krait, dan KRI Karimata milik TNI akan menggunakan BBM khusus Alokasi TNI.
• Untuk BBM KM Tunas Wisesa sejumlah 400.000 Liter / 400 KL adalah BANTUAN DARI PERTAMINA SEBAGAI WUJUD DUKUNGAN PERTAMINA DEMI SUKSESNYA SEA GAMES XXVI di Palembang.

Dari Sisi LPG :
• Pertamina menyediakan sekitar 43.000 Kg / 43 Ton LPG untuk operasioanl Obor Sea Games XXVI yang menyala selama 24 jam penuh.
• Dibutuhkan sekitar 150 tabung LPG 50 Kg sebagai rolling, dimana akan dirangkai secara paralel per 6(enam) tabung untuk tetap menjaga obor Sea Games menyala non-stop selama 12 hari pelaksanaan Sea Games.
• Penebusan LPG tersebut dilakukan melalui Agen LPG PT. Dempo Makmur Gas dengan harga non Subsidi sekitar Rp 7.500,- per Kg.
• Pemasangan Instalasi gas tersebut dilakukan oleh PT Dempo Makmur Gas dengan dibawah pengawasan Fungsi LGP & GP dan Fungsi HSSE Pertamina Pemasaran.

Dari Sisi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) :
• Sehubungan dengan pelaksanaan Sea Games sehingga Bandara Internasional SMB II beroperasi selama 24 jam, maka DPPU Pertamina juga akan beroperasi selama 24 jam penuh yang sebelumnya beroperasi dari pukul 05.00 – 21.00.
• DPPU SMB II menyiapkan 11 unit Armada Bridger (Pengangkut Avtur) dengan total kapasitas 173 KL untuk melayani pengangkutan Avtur dari Refinery Unit III Plaju ke DPPU SMB II.
• DPPU SMB II juga menambah 2 unit Refueller sehingga total menyiapkan 6 unit Refueller dengan total kapasitas 121 KL untuk melayani pengisian Avtur ke pesawat terbang.
• Sementara Prediksi kebutuhan Avtur Sea Games diperkirakan sebesar 180 KL/Hari mengingat selain kebutuhan pesawat dalam rangka Sea Games, juga bertepatan dengan kembalinya Jemaah Haji dari Tanah Suci.

Pemahaman Seluruh Lapisan Masyarakat untuk Turut mensukseskan jalannya Event Sea Games XXVI di Palembang

Pertamina mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat akan pentingnya melakukan Gerakan Hemat BBM dan bersama-sama mengawasi dan memantau pendistribusian BBM Bersubsidi agar tepat sasaran dan tidak termasuk di dalam lingkaran spekulan BBM Bersubsidi. Dengan turut mengawasi pendistribusian BBM Bersubsidi dan mencegah, menegur, bahkan melaporkan apabila mengetahui terdapat tindak penyelewengan BBM Bersubsidi, secara tidak langsung telah mendukung dan mewujudkan pendistribusian BBM Bersubsidi yang tepat sasaran sehingga kelangkaan akibat pendistribusian yang tidak tepat sasaran dapat diminimalisir terlebih lagi dengan adanya Sea Games XXVI dimana jangan sampai justru terjadi pendistribusian BBM yang tidak tepat sasaran dan bukan untuk keperluan Sea Games namun justru dinikmati oleh Spekulan BBM dan pihak yang tidak mendukung kelancaran Sea Games XXVI.

Pertamina akan terus melakukan langkah progressive dalam menangani kondisi ini, antara lain dengan melakukan komunikasi yang efektif serta monitoring stock BBM di SPBU melalui Program Monitoring Stok seperti MS2 (Management Stok SPBU) serta Satgas setempat, selain itu Pertamina juga membuka layanan Contact Centre Pertamina di 500-000 atau (0711) 518500.

Demikian kami sampaikan dan besar harapan kami bahwa release ini dapat menjadi acuan dan informasi untuk dimuat pada media Saudara. Terima Kasih

PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel
Asisten Manajer External Relation


Roberth MV
###
PT Pertamina (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penambangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Saat ini, Pertamina berkomitmen mendorong proses transformasi internal dan pengembangan yang berkelanjutan guna mencapai standar internasional dalam pelaksanaan operasional dan tatakelola lingkungan yang lebih baik, serta peningkatan kinerja perusahaan sebagai sasaran bersama. Sebagai perusahaan migas nasional, Pertamina berkomitmen untuk mewujudkan keseimbangan antara pencapaian keuntungan perusahaan dengan kualitas pelayanan publik. Dengan 52 tahun pengalaman menghadapi tantangan di lingkungan geologi Indonesia, Pertamina merupakan perintis pengembangan usaha gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG). Lingkup usaha Pertamina termasuk dalam melakukan eksplorasi dan produksi migas; pengolahan kilang minyak, manufaktur dan pemasaran produk-produk energi dan petrokimia; pengembangan BBM nabati, tenaga panas bumi dan sumber-sumber energi alternatif lain. Kegiatan operasi dan fasilitas infrastruktur Pertamina tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina melayani kebutuhan energi bagi lebih dari 220 juta rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar