Senin, 10 Oktober 2011

12 Mahasiswa Wakili Sumsel Dalam OSN Pertamina 2011





12 Mahasiswa Wakili Sumsel Dalam OSN Pertamina 2011

INDERALAYA. Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat dengan berbagai Universitas di masing-masing Ibukota Provinsi, dari 477 peserta mahasiswa yang mengikuti, sebanyak 12 mahasiswa asal Sumsel akhirnya terpilih untuk mewakili provinsi Sumsel dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Pertamina tingkat pusat. Dari 12 mahasiswa tersebut seluruhnya berasal dari Universitas Sriwijaya dengan sebaran berbagai Fakultas yakni Fakultas MIPA, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Fakultas Kedokteran.
Pengumunan pemenang seleksi Tingkat Provinsi Sumsel sekaligus penyerahan hadiah untuk pemenang I, II, III dilaksanakan di aula Fakultas MIPA UNSRI, Jumat (08/10) yang dihadiri Dekan Fakultas MIPA, Drs. Muhammad Irfan, MT., sedangkan dari Pertamina turut hadir Ast Ast. Community Development External Relation FRM Region II, Rico Raspati. Tiap pemenang masing-masing kategori untuk Juara I mendapatkan hadiah uang tunai sebesar @Rp6,5 juta, juara ke-2 sebesar @Rp 4,5 juta dan juara ke- 3 sebesar @Rp 2,5 juta.
Jika dilihat dari sisi kualitas persaingan, OSN Pertamina tahun 2011 memiliki tingkat persaingan yang cukup kompetitif. Hal ini terlihat dari pengakuan para juri yang mengatakan hampir seluruh finalis mendapatkan nilai yang hampir sempurna dengan perbedaan nilai yang sangat tipis. Satu hal yang cukup menarik pada OSN Pertamina 2011 ini yaitu, munculnya dominasi Fakultas Kedokteran UNSRI di bidang Biologi dengan menyabet peringkat 1 dan 2 yang selama tiga penyelenggaraan terakhir selalu didominasi pemenang dari Fakultas MIPA.
OSN Pertamina 2011 merupakan ajang unjuk kemampuan diri bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat mengukur kemampuannya dalam bidang sains, sehingga diharapkan mampu mendorong mahasiswa Indonesia menjadi generasi muda yang berprestasi.
“Mahasiswa harus berlomba-lomba untuk terus berprestasi mengingat tantangan bangsa Indonesia di masa depan makin besar, melalui Olimpiade Sains, Pertamina berharap dapat mencetak generasi muda yang cerdas dan berprestasi dalam menghadapi era globalisasi di masa mendatang” kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan saat membuka event OSN Pertamina secara nasional beberapa waktu lalu.
OSN-Pertamina merupakan ajang paling bergengsi untuk uji kemampuan mahasiswa dalam bidang sains untuk mahasiswa Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 2,7 Miliar sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam bidang pendidikan. Bidang-bidang yang diperlombakan pada tahun ini yaitu Matematika, Fisika, Kimia dengan bidang Biologi yang tahun ini ikut diperlombakan.
Sesuai jadwal kegiatan OSN Pertamina 2011, Peserta yang berhasil melewati babak penyisihan awal pada 27 September, diumumkan pada 1 Oktober 2011 untuk kembali diuji kemampuannya mengikuti Seleksi Final Tingkat Propinsi pada 7 Oktober 2011. Dari hasil seleksi Final Tingkat Provinsi tersebut, sebanyak 132 peserta terbaik yang berasal dari 33 Provinsi di Indonesia, akan bertarung dalam Babak Final Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 1-5 November 2011.

Nama-nama Pemenang OSN Pertamina Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2011

BIDANG PERINGKAT NAMA PEMENANG UNIVERSITAS
Matematika 1 Putri Handayani FMIPA UNSRI
2 Hari Gunawan FMIPA UNSRI
3 Clara Alverina FMIPA UNSRI
Fisika 1 Muhammad Nur FMIPA UNSRI
2 Lidia P.S FMIPA UNSRI
3 Anggun Nirwana FMIPA UNSRI
Kimia 1 Dion Monorigso FMIPA UNSRI
2 Frengky FMIPA UNSRI
3 Iis Trioni FMIPA UNSRI
Biologi 1 Lathifah Alfi Fakultas Kedokteran UNSRI
2 Rizki Andini Fakultas Kedokteran UNSRI
3 Galih Susanto FKIP Biologi UNSRI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar