Kamis, 22 September 2011

PERTAMINA BERSIAP SUKSESKAN SEA GAMES KE-26 SUMSEL (APRESIASI DUKUNGAN PEMERINTAH DAERAH & KEPOLISIAN)















SUKSES AMANKAN KEBUTUHAN BBM
SELAMA IDUL FITRI 1432 H,
PERTAMINA BERSIAP SUKSESKAN SEA GAMES KE-26 SUMSEL
(APRESIASI DUKUNGAN PEMERINTAH DAERAH & KEPOLISIAN)


Keseriusan Pertamina Fuel Retail Marketing (FRM) Region II Sumbagsel dalam memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Sumbagsel khususnya dan masyarakat umum pengguna Jalur Lintas Sumatera akhirnya memberikan hasil yang memuaskan. Hingga H + 10 Idul Fitri 1432 H, Pertamina FRM Region II Sumbagsel dengan kerja keras dan dukungan semua pihak telah sukses mengamankan suplai dan distribusi BBM di jalur-jalur mudik lebaran khususnya dan seluruh wilayah Sumbagsel umumnya serta menepis kekhawatiran masyarakat akan ketidaktersediaan BBM di SPBU terutama SPBU disepanjang jalur mudik di wilayah kerja Pertamina FRM Region II Sumbagsel.
Seperti dalam release yang disampaikan dalam konferensi Pers pada H-7 Idul Fitri 1432 H lalu, Pertamina telah melakukan persiapan matang dengan berbagai skenario alternatif sampai dengan emergency untuk memberikan pelayanan maksimal dalam mendistribusikan BBM dan LPG ke seluruh wilayah kerjanya terutama di jalur-jalur yang dilalui oleh pemudik maupun saat arus balik nantinya. Persiapan dengan penambahan jam kerja pelayanan depot bbm, penambahan mobil tanki bbm, operasi pasar khusus LPG 12 kg, serta terutama pembentukan Satgas BBM dan LPG yang di perpanjang dari Idul Fitri 1431 H di 2010 mulai H-7 hingga H+7 menjadi H-10 hingga H+10 di tahun 2011 ini berhasil dengan efektif untuk memonitor dan berkordinasi dengan instansi terkait serta lembaga penyalur BBM maupun LPG untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam rangka merayakan Idul Fitri 1432 H.
Setelah sukses memberikan kenyamanan kepada masyarakat terhadap suplai dan distribusi BBM & LPG selama Idul Fitri 1432, Pertamina FRM Region II saat ini sedang melakaukan perencanaan dan persiapan matang guna menyukseskan pelaksanaan SEA GAMES ke-26 di Sumsel yang akan berlangsung pada bulan November 2011. Untuk itu selain melalukan persiapan yang matang Pertamina juga mengharapkan kembali dukungan Instansi Pemerintahan terkait, Aparat Kepolisian dan Masyarakat Sumsel Umumnya guna menyukseskan pelaksanaan Sea Games yang bukan saja membawa nama baik Sumsel tetapi juga Nama Indonesia di mata negara-negara sahabat.
Berikut kami sampaikan hasil evaluasi penyaluran BBM dan LPG di Wilayah Sumbagsel selama menghadapi Idul Fitri 1432 H serta kesiapan Pertamina dalam menghadapi Sea Games ke-26 di Palembang Sumsel:

Fuel Retail Marketing Region II
1. Secara keseluruhan, kondisi SPBU yang berada di sepanjang Jalur Lintas di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Jambi berada dalam keadaan siap beroperasi penuh. Pertamina juga telah menghimbau kepada SPBU-SPBU untuk menyediakan seluruh sarana dan fasilitas yang ada sehingga dapat melayani konsumen secara optimal, khususnya selama event SEA GAMES berlangsung.
2. Volume penyaluran BBM di Provinsi Sumatera Bagian Selatan untuk BBM jenis Premium mengalami peningkatan menjadi 107%, sementara itu untuk BBM jenis Solar mengalami penurunan menjadi 72% dibandingkan dengan kondisi penyaluran yang berjalan pada hari normal.

**Untuk BBM jenis Solar, telah mengalami penurunan konsumsi dikarenakan aturan pemerintah setempat yang melarang kendaraan industri untuk beroperasi sejak H-4 Hari Raya Idul Fitri 1432 H.
3. Saat ini Pertamina terus melakukan kordinasi bersama Pemda untuk memantau kesiapan SEA GAMES, dalam melakukan pemantauan dan ketersediaan BBM, Pertamina berencana untuk membentuk Satgas SEA GAMES apabila diperlukan.
Aspek Suplai dan Distribusi
1. Pertamina juga telah mempersiapkan armada pengangkutan BBM (mobil tangki) dengan kondisi siap beroperasi selama 24 jam. Jumlah armada yang dipersiapkan mencapai 201 Unit kendaraan serta dengan adanya tambahan sebanyak 29 Unit apabila terjadi peningkatan penyaluran yang signifikan.
2. Untuk operasional Terminal BBM menyesuaikan kebutuhan suplai BBM, dan apabila diperlukan maka Operasional Terminal BBM akan ditambah jam operasionalnya.

3. Guna mengamankan pelaksanaan event SEA GAMES, Pertamina akan melakukan pengamatan extra pada kondisi SPBU stok SPBU jalur lintas untuk menjaga ketersediaan BBM di SPBU sebanyak minimal 20 KL, dengan MS2 berkordinasi dengan Terminal BBM dan Hiswana Migas.


3. Dari Sisi LPG (Elpiji)
1. Realisasi kebutuhan LPG untuk wilayah Sumbagsel selama H-10 hingga H+10 Idul Fitri 1432 H mengalami peningkatan konsumsi dengan jabaran sebagai berikut :

Jenis Tabung Realisasi Persentase
3 Kg 12.120 MT 14,24 %
12 Kg 5.332 MT 26,24 %
50 Kg 389 MT - (normal)
Total 17.840 MT


2. Pertamina ke depan akan menjamin kebutuhan LPG menjelang Sea Games dengan terus melakukan koodinasi dengan Hiswana Migas dan Instansi terkait untuk selalu memantau penyaluran LPG di distribusi chanel LPG (SPPBE, Agen & Pangkalan). Selain itu Pertamina juga telah melakukan perencanaan ulang (resetting) KPI LPG sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sumsel agar penyaluran nantinya bisa lebih tepat sasaran.
Pertamina FRM Region II mengestimasi kebutuhan LPG saat pelaksanaan Sea Games akan mengalami peningkatan dari kebutuhan LPG normal saat ini dengan estimasi LPG 3 Kg meningkat 4%, LPG 12 Kg meningkat 6 % dan LPG 50 Kg akan mengalami peningkatan sebesar 10 %. Estimasi ini berdasarakan perhitungan bahwa untuk Sea Games konsumsi terbesar akan terjadi di sektor Hotel dan Restoran yang menggunakan kemasan LPG 50 Kg.
Pertamina Mengucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Serta Kordinasi Dari Pemerintah Daerah dan Kepolisian
Pertamina menyampaikan apresiasi yang tinggi sekaligus penghargaan kepada Pihak Pemerintah Daerah (Pemda) serta Kepolisian dan juga lembaga atau instansi terkait, atas kerjasamanya yang baik selama berlangsungnya Hari Raya Idul Fitri, sehingga distribusi BBM dapat terlaksana dengan baik. Sekarang, SEA GAMES menjadi target Pertamina untuk kembali mengamankan pasokan BBM, dan untuk itu Pertamina senantiasa mengharapkan dukungan kembali dari seluruh pihak, guna terciptanya event SEA GAMES yang sukses.
Demikian beberapa strategi serta langkah-langkah antisipatif konkrit yang dapat kami sampaikan dalam rangka pengamanan kebutuhan BBM Bersubsidi dalam rangka persiapan menghadapi Event SEA GAMES 2011 guna mendukung kelancaran Event tersebut hingga akhir pelaksanaan.

Best Regards,
Ast.Man External Relation Pertamina FRM Region II
Roberth MV

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar