Kamis, 07 Oktober 2010

Pengumuman Pemenang & Penyerahan Simbolis Hadiah Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2010


393 Mahasiswa Sumsel Berkompetisi Dalam OSN Pertamina 2010


Palembang, 07 Oktober 2010 – Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) Pertamina 2010 wilayah Sumsel yang telah dilaksanakan tanggal 27 September 2010 di Graha Pasca Sarjana UNSRI Oleh Pjs GM Pms BBM Retail Region II, Tri Okto Herdarmanto. Antusias mahasiswa untuk berpartisipasi dalam event akbar ini sangat besar terbukti dari jumlah peserta yang mencapai 393 mahasiswa dari berbagai jurusan dan Universitas di Sumsel yang ikut babak penyisihan seleksi tingkat propinsi. Acar ini juga yang serentak dilaksanakan di 33 universitas pada 33 propinsi seluruh Indonesia dengan total jumlah peserta mencapai 12.275 Mahasiswa.

OSN-PTI merupakan ajang paling bergengsi untuk uji kemampuan mahasiswa dalam bidang sains untuk mahasiswa Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 2,7 Miliar sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam bidang pendidikan. Bidang-bidang yang diperlombakan pada tahun ini yaitu Matematika, Fisika, Kimia dengan bidang Biologi yang tahun ini ikut diperlombakan.

Peserta yang berhasil melewati babak penyisihan pada hari ini akan diumumkan pada 1 Oktober 2010 untuk kembali diuji kemampuannya mengikuti babak final tingkat propinsi pada hari ini (7 Oktober 2010). dari hasil seleksi ini pemenang akan mengikuti kompetisi untuk babak final tingkat naisonal di jakarta 1-5 November 2010. Secara nasional nantinya akan tersaring 132 peserta terbaik dari 33 propinsi yang berhasil melewati seleksi tingkat propinsi untuk kembali bertanding di Jakarta menghadapi seleksi tingkat pusat mewakili propinsinya pada 1-5 Nopember 2010.

Untuk sumsel sendiri Pengumunan pemenang seleksi tingkat provinsi sekaligus penyerahan hadiah untuk pemenang I, II, III dilaksanakan di aula Fakultas MIPA UNSRI, Kamis (07/10) yang dihadiri Pembantu Rektor I Unsri, Zulkifli Hadi sedang dari Pertamina di turut hadir Ast Manager External Relation Roberth MV. Tiap pemenang masing-masing kategori untuk Juara I mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 6 juta, juara ke-2 sebesar Rp 4 juta dan juara ke- 3 sebesar Rp 2 juta.

OSN-PTI Pertamina 2010 merupakan ajang unjuk kemampuan diri bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat mengukur kemampuannya dalam bidang sains, sehingga diharapkan mampu mendorong mahasiswa Indonesia menjadi generasi muda yang berprestasi. “Mahasiswa harus berlomba-lomba untuk terus berprestasi mengingat tantangan bangsa Indonesia di masa depan makin besar, melalui Olimpiade Sains, Pertamina berharap dapat mencetak generasi muda yang cerdas dan berprestasi dalam menghadapi era globalisasi di masa mendatang” kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan.

Berikut nama nama pemenang :

1.Bidang Matematika
Juara 1 : Sukma Adi Perdana Matematika FMIPA UNSRI
Juara 2 : Angga Khaidarius Tek. Sipil Fak. Teknik UNSRI
Juara 3.: Yohanes Tek. Informatika STMIK MDP

2.Bidang Fisika
Juara 1 : Siti Aulia Fisika FKIP UNSRI
Juara 2 : Shanta Maria S Fisika FMIPA UNSRI
Juara 3 : Toni Irawan Fisika FKIP UNSRI

3.Bidang Kimia
Juara 1 : Budiono Kimia FKIP UNSRI
Juara 2 : Rizky Kimia FMIPA UNSRI
Juara 3 : Randy Juliansyah Kimia FMIPA UNSRI

4.Biologi
Juara 1 : Andre Hawari Tek. Informatika Fasilkom UNSRI
Juara 2 : Ahmad Firdaus Biologi FMIPA UNSRI
Juara 3 : Farhan Syahdi Biologi FMIPA UNSRI


PT Pertamina (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang penambangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia. Saat ini, Pertamina berkomitmen mendorong proses transformasi internal dan pengembangan yang berkelanjutan guna mencapai standar internasional dalam pelaksanaan operasional dan tatakelola lingkungan yang lebih baik, serta peningkatan kinerja perusahaan sebagai sasaran bersama. Sebagai perusahaan migas nasional, Pertamina berkomitmen untuk mewujudkan keseimbangan antara pencapaian keuntungan perusahaan dengan kualitas pelayanan publik. Dengan 51 tahun pengalaman menghadapi tantangan di lingkungan geologi Indonesia, Pertamina merupakan perintis pengembangan usaha gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG).

Lingkup usaha Pertamina termasuk dalam melakukan eksplorasi dan produksi migas; pengolahan kilang minyak dan pemasaran produk-produk energi dan petrokimia; pengembangan BBM nabati, tenaga panas bumi dan sumber-sumber energi alternatif lain.

Kegiatan operasi dan fasilitas infrastruktur Pertamina tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina melayani kebutuhan energi bagi lebih dari 220 juta rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar