Rabu, 07 Juli 2010

Pertamina Youth Program 2010 in Palembang

Pertamina Pemasaran BBM Retail Region II Terima Mahasiswa Peserta Pertamina Youth Program


PERTAMINA YOUTH PROGRAM
200 Mahasiswa se-Sumatera Belajar Distribusi BBM

PALEMBANG. Sekitar 200 orang mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Pulau Sumatera mengunjungi Pertamina Depot Kertapati (Rabu 7/7). Mereka adalah para peserta Pertamina Youth Program (PYP) Tahun 2010 yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero). Tahun ini, Palembang terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan di regional Sumatera.

PYP merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina kepada dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan bisnis migas lebih dalam kepada para mahasiswa. Sudah sepatutnya bisnis migas dikenal baik oleh masyarakat terutama generasi muda yang kedepannya akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Selama ini para mahasiswa mengenal Pertamina melalui media massa ataupun literatur, moment ini adalah kesempatan yang sangat baik dan langka bagi mahasiswa untuk dapat melihat dari dekat dan memperoleh informasi langsung dari sumber pertama tentang bisnis migas.

Dalam sesi-sesi diskusi, peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan terutama tentang isu-isu aktual, seperti langkah-langkah Pertamina dalam mengatasi kecelakaan-kecelakaan Elpiji dan pencegahannya. Mereka dapat mengamati langsung ketatnya prosedur Quality Control di LPG Filling Plant Pulau Layang sehingga tabung rusak tidak bisa lolos beredar ke pasar.


Sementara di Depot Kertapati, mahasiswa mengamati bagaimana BBM disimpan di tanki timbun dan disalurkan ke SPBU-SPBU melalui mobil-mobil tanki setiap hari tanpa mengenal hari libur. Para petugas depot memperlihatkan sistem yang automatic dan computerized pengisian BBM dari filling shed ke mobil tanki.

Di SPBU Jl. A. Yani Plaju, para petugas menjelaskan bahwa BBM yang diterima dari Depot selalu diperiksa kualitasnya dengan cara pengambilan sampel, sehingga konsumen dipastikan menikmati BBM dengan kualitas terjaga.

“Diharapkan setelah program ini, mahasiswa bisa lebih memahami bisnis migas dan posisi Pertamina dan dapat menyebarkan pelajaran yang mereka peroleh disini kepada rekan-rekan sesama mahasiswa lainnya. Tentu saja, kami berharap mahasiswa dapat tetap kritis dan berwawasan. Dalam kesempatan 4 hari ini, kami pun mendapat banyak sekali input atau masukan dari rekan-rekan mahasiswa,” jelas Roberth M. V., Asisten Manajer External Relation Pertamina Pemasaran BBM Retail Region II.

PYP diadakan selama 4 hari berturut-turut, sejak tanggal 4 hingga 7 Juli 2010. Para peserta merupakan perwakilan dari perguruan tinggi se-Sumatera dengan persyaratan IPK minimal 2,75 dan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Peserta diajak mempelajari Pertamina dari hulu yaitu eksplorasi dan produksi di Pertamina EP Prabumulih, hingga ke hilir, yaitu proses pengolahan minyak di Kilang Refinery Unit III Plaju, pengisian dan pendistribusian Elpiji di Filling Plant LPG Pulau Layang, suplai dan distribusi BBM di Depot Kertapati, serta pemasaran BBM dan pelayanan konsumen di SPBU Jl. Jend. A. Yani Plaju. Mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang keunggulan produk-produk Pertamina seperti Pertamax, BBM untuk industri dan perkapalan, pelumas Fastron dan Enduro serta Elpiji.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar