Senin, 22 Agustus 2011

PERTAMINA AMANKAN SUPLAI BBM IDUL FITRI 1432 H DI JAMBI

Pers Release PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II
23.08.2011

HADAPI ARUS MUDIK DAN ARUS BALIK IDUL FITRI 1432 H
PERTAMINA FUEL RETAIL MARKETING REGION II
SIAPKAN SATGAS PANTAU DISTRIBUSI BBM

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1432 Hijriah selama Bulan Agustus sampai dengan perayaan Idul Fitri 1432 H nanti pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2011. PT Pertamina (PERSERO) Pemasaran Sumbagsel mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa sampai Menyambut hari Kemenangan nantinya kepada seluruh masyarakat Sumatera Bagian Selatan.

Adapun demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat saat menyambut hari raya kemenangan nantinya dengan melaksanakan “mudik” ke kampung halaman sampai dengan saat “balik” , Pertamina Pemasaran Sumbagsel telah menyiapkan berbagai strategi dan persiapan demi menjaga dan memberikan jaminan ketersediaan produk BBM dan Non-BBM yang ada di wilayah kerjanya (meliputi 5 Propinsi: Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung):

Persiapan yang telah dilakukan oleh Pertamina Pemasaran Sumbagsel adalah sebagai berikut:

Dari Sisi Retail BBM :
1. Kenaikan konsumsi signifikan diprediksi akan terjadi di H-4 sampai H+4 dengan kenaikan rata-rata sekitar 34% dari konsumsi perharinya. Kenaikan drastis diprediksi terjadi di H-1 mencapai 69% dari konsumsi perhari total Sumbagsel. Pada waktu yang sama tahun 2010 kenaikan konsumsi berkisar antara 8-26 % dari konsumsi perharinya, dan kenaikan drastis terjadi di H-1 Lebaran yang mencapai 46%.
2. Pertamina Menyiapkan SPBU Satgas yang akan beroperasi 24 Jam selama arus mudik/arus balik.
- Total SPBU Satgas: 103 SPBU (tersebar di 5 Propinsi)
- SPBU sedia Pertamax: 42 SPBU (13 di Lampung, 11 Lintas Timur Sumsel, 11 Lintas Tengah Sumsel dan 7 di Jambi).
3. Membentuk tim Satgas gabungan baik dari internal (Pertamina) dan eksternal (Hiswana Migas) yang akan beroperasi selama H-10 s/d H+10 Lebaran. Satgas akan bertugas memantau ketersediaan stok BBM di SPBU dan menerima laporan dan keluhan serta permintaan apabila terjadi indikasi lonjakan konsumsi BBM di SPBU dan menyebabkan stok kritis di SPBU.
4. Setiap harinya Satgas BBM akan bekerja selama 12 jam, mulai dari pukul 07.00-19.00 untuk memantau kertersediaan stok BBM di SPBU, memonitor pengiriman mobil tanki, melakukan pemeriksaan langsung (on the spot) ke SPBU yang terletak di jalur rawan peningkatan konsumsi. Dan keluhan dan permintaan dari konsumen dapat disampaikan kepada Satgas BBM melalui Contact Center Pertamina dengan nomor telp. 500000 atau (0711) 518500.
5. Menyiapkan 6 SPBU strategis sebagai kantong-kantong BBM Premium untuk mengantisipasi jarak dan waktu tempuh akibat kemacetan arus mudik. 3 Kantong SPBU di sepanjang jalur mudik wilayah Lampung dan 3 Kantong SPBU di sepanjang jalur mudik wilayah Sumatera Selatan. SPBU-SPBU ini disarankan menjadi lokasi istirahat bagi konsumen karena SPBU tersebut cukup luas dan dilengkapi dengan sarana dan fasilitas Musholla, Mini Market, dan kamar mandi yang representatif (bersih) dan memiliki area parkir kendaraan yang cukup memadai/luas.
6. Pertamina berkoordinasi dengan Satlantas dan Dishub melalui beberapa Posko Mudik akan memantau dan mengamankan daerah yang rawan (kemacetan dan kecelakaan) dan memberikan prioritas kepada Mobil Tangki BBM untuk melewati jalur lintas tersebut. Koordinasi dengan Hiswana Migas juga dilakukan untuk membantu pemantauan stok BBM di lapangan.
7. Pertamina berkoordinasi dengan pengusaha SPBU agar dapat melakukan langkah-langkah antisipatif ketersediaan stok BBM di SPBU tersebut, diantaranya:
- Agar menyiapkan penebusan BBM/BBK yang cukup minimal untuk persediaan selama 2 hari.
- Menyiapkan seluruh peraltan termasuk dispenser pump dan alat keselamatan kerja.
- Berkoordinasi dengan pihak PT. Pertamina (Persero) baik unit maupun cabang serta pihak keamanan setempat.
- SPBU yang berada di jalur lintas strategis agar dibuka 24 jam.
- Menyediakan LPG (12 Kg dan 3 Kg) utuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen selama Hari Raya Idul Fitri 1432 H.

Dari Sisi Suplai dan Distribusi :
1. Stok BBM akan ditingkatkan minimal coverage days diatas 6(enam) sampai 7(tujuh) hari di seluruh Terminal BBM Sumbagsel dan untuk meningkatkan suplai akan ditambah 2 (dua) unit tongkang / tangker sebagai tambahan suplai selama lebaran.
2. Frekuensi pengiriman BBM antar depot yang berkerjasama dengan PT KAI akan dimaksimalkan, dan sebagai pendukung suplai ke 3 Terminal BBM (Kertapati, lahat, Linggau, dan Baturaja) akan dibantu menggunakan Mobil Tangki. Sedangkan penambahan ketel (gerbong pengangkut BBM) sudah dilakukan sejak bulan Juni 2011, Pertamina menambah 20 unit ketel dari Jawa sebagai persiapan lebaran tahun ini.
3. Mendukung dsitribusi BBM selama Puasa dan Lebaran, Pertamina akan mengerahkan seluruh Mobil Tanki yang ada di seluruh Terminal BBM di Sumbagsel sebanyak 201 unit. Dan guna mengantisipasi kenaikan permintaan BBM sebalum dan sesudah lebaran, Pertamina menyiapkan rencana penambahan Mobil Tangki sebanyak 29 unit lagi khusus untuk melayani distribusi selama arus mudik dan arus balik lebaran.
4. Selama H-10 s/d H+10 Lebaran, seluruh Depot BBM yang ada di Provinsi Lampung (TBBM Panjang), Sumatera Selatan (TBBM Kertapati, Lahat, Baturaja, L Linggau) , Jambi (TBBM Jambi) dan Bengkulu (TBBM P. Baai) akan dibuka dan beroperasi selama 24 Jam.
5. Telah dilakukan koordinasi dengan pihak DLLAJ apabila terjadi kemacetan untuk prioritas Mobil Tangki agar dapat lewat, terutama di jalur lintas mudik yang sering mengalami kemacetan.
6. Sudah disiapkan pola jalur distribusi normal yang akan digunakan selama Lebaran 2011. Apabila terjadi hal-hal yang menghambat (kemacetan, kecelakaan) Pertamina juga sudah menyiapkan jalur distribusi alternatif dan juga jalur distribusi emergency yang hanya akan digunakan dalam keadaan darurat.

Dari Sisi Elpiji (LPG) :
1. Menjelang Hari Raya Idul Fitri produk Elpiji diperkirakan akan mengalam kenaikan permintaan. Untuk Elpiji 3 Kg akan mengalami peningkatan sebesar 7%, untuk Elpiji 12 Kg akan mengalami peningkatan sebesar 18% dan Elpiji 50 Kg akan mengalami kenaikan 3%.
2. Data kebutuhan total LPG di Sumbagsel pada saat Hari Raya Idul Fitri berdasarkan ukuran adalah:
- LPG 3 Kg 649,88 MT/hari
- LPG 12 Kg 309,62 MT/hari
- LPG 50 Kg 27,38 MT/hari
3. Untuk mengantisipasi peningkatan permintaan LPG maka menjelang hari raya Idul Fitri seluruh Depot LPG/SPPBE/SPBE akan melayani dan menambah jam operasional guna menyesuaikan dengan peningkatan permintaan tersebut.
4. Selama masa libur lebaran Pertamina akan menyiapkan satgas elpiji untuk H-3, H-0 & H+3, masing – masing Kabupaten/Kodya ada 1 sampai 3 agen, dan pangkalan dari masing – masing wilayah. Dan untuk agen yang menjadi satgas ini akan kami berikan ekstra alokasi sesuai dengan kebutuhan konsumsi satgas. (Daftar agen satgas Elpiji terlampir)
5. Antisipasi apabila konsumen kesulitan dalam memperoleh LPG di Agen dan Pangkalan satgas, Pertamina juga menyampaikan informasi lokasi SPBU yang juga menjual LPG ukuran 3 Kg dan 12 Kg.
6. Pertamina dalam upaya menjamin ketersediaan stok produk Elpiji 12 Kg dan 50 Kg mengimbau agen-agen penjual agar:
- Berkoordinasi dengan instalasi/depot/supply point PT. Pertamina (Persero) setempat bagi yang mengambil/dilayani pengisian elpiji langsung dari PT. Pertamina (Persero).
- Berkoordinasi dengan pengusaha SPBU dalam rangka pengadaan elpiji di SPBU selama Hari Raya Idul Fitri 1432 H.

Dari sisi Keuangan:
1. Selama masa cuti bersama 29 Agustus – 2 September 2011 Bank-bank mitra Pertamina akan tetap melayani transaksi Perbankan untuk penebusan produk BBM dan Non BBM (daftar terlampir).

Himbauan
1. Pemahaman Seluruh Lapisan Masyarakat (Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Masyarakat Umum) akan pentingnya melakukan Gerakan Hemat BBM dan bersama-sama mengawasi dan memantau pendistribusian BBM Bersubsidi agar tepat sasaran dan tidak termasuk di dalam lingkaran spekulan BBM Bersubsidi. Dengan turut mengawasi pendistribusian BBM Bersubsidi dan mencegah, menegur, bahkan melaporkan apabila mengetahui terdapat tindak penyelewengan BBM Bersubsidi, secara tidak langsung telah mendukung dan mewujudkan pendistribusian BBM Bersubsidi yang tepat sasaran sehingga kelangkaan akibat pendistribusian yang tidak tepat sasaran dapat diminimalisir.
2. Pertamina bersama dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian, dan Hiswana Migas akan terus memantau, mengevaluasi, dan melakukan pengawasan dan pengamanan ketat terutama di SPBU yang beroperasi selama 24 jam untuk memastikan bahwa suplai BBM cukup dan tepat sasaran, serta akan menindak tegas bila terdapat spekulan BBM.
3. Agar masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan stok produk BBM dan LPG selama Puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Pertamina melakukan upaya antsipatif sehingga tidak perlu memicu terjadinya “panic buying” di masyarakat yang akan mengakibatkan meningkatnya permintaan BBM.

Demikian beberapa strategi dan langkah-langkah antisipasif yang disiapkan oleh Pertamina dalam rangka mengamankan ketersediaan BBM menjelang puasa dan lebaran sesuai dengan Komitmen Pertamina dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan mengutamakan kenyamanan masyarakat dalam menyambut hari Raya Idul Fitri 1432 H dan melakukan perjalanan menemui keluarga dan handai taulan di kampung halaman tanpa kesulitan untuk mendapatkan BBM.

Data Mobil Tangki di Wilayah Jambi yang saat ini beroperasi:
TBBM Jambi : 45 Mobil Tangki
Rencanan Tambahan Mobil Tangki
TBBM Jambi : 4 Mobil Tangki SPBU

Daftar SPBU yang Menjual LPG 3 Kg dan 12 Kg:
KAB/KOTAMADYA SPBU ALAMAT PRODUK
JAMBI 2436104 Jl. Pangeran Hidayat 12 KG, 3 KG
JAMBI 2436151 Jl. Bakarudin Kota Jambi 3 KG
JAMBI 2437326 Jl. Lintas Sumatera Kota Bangko 12 KG
MUARO JAMBI 2436349 Jl. Lintas Jambi Palembang 12 KG, 3 KG
TEBO 2437240 Jl. Lintas Jambi Bungo 12 KG
MUARO BUNGO 2437222 Kota Muaro Bungo 12 KG
MUARO BUNGO 2437248 Kota Muaro Bungo 12 KG
JAMBI 2437231 Kota Rimbo Bujang 12 KG
JAMBI 2436101 Jl. Kapten Patimura 12 KG, 3 KG
JAMBI 2436141 Jl. Kapten Patimura 12 KG

Daftar SPBU Satgas di Propinsi Jambi
No. No. SPBU Alamat Kota/Kab.
1 24.361.01 Jl. Kol. Pattimura, Simp. Rimpo Jambi
2 24.361.08 Jl. Jend. Sudirman, Paal Merah Jambi
3 24.361.11 Jl. Kol. Muh. Taher Jambi
4 24.361.13 Jl. P. Hidayat, Paal 10 Kec. Kota Baru Jambi
5 24.361.35 Jl. Sumantri Brojonegoro Jambi
6 24.361.41 Jl. Kapitan Pattimura Kec. Telanai Jambi
7 24.361.38 Jl. Pangeran Hidayat RT 13 Kel. Paal Lima Kec. Kota BaruJambi
8 24.363.34 Desa Bukit Baling Muara Jambi
9 24.363.39 Desa Pauh Kec. Panerokan Muara Jambi
10 24.363.49 Jl. Raya Jambi-Palembang KM 13 Muara Jambi
11 24.366.18 Simpang Muara Tembesi, Kec. Muara Jambi Batanghari
12 24.366.45 Desa Sei Buluh Kel. Teratai Kec. Bulian Batanghari
13 24.371.46 Desa Kumun Kec. Sei Penuh Kerinci
14 24.372.24 Jl. Lintas Sumatera Simpang Sawmili Bungo
15 24.372.44 Jl. Lintas Sumatara Kec. Rimbo Tengah Kel. Pasir Putih Bungo
16 24.372.22 Sungai Mengkuang Muaro Bungo Bungo
17 24.372.31 Kec. Rimbo Bujang, Desa Wiroto Agung Tebo
18 24.372.36 Jl. Lintas Sumatera Kec. Pasar Bangko Merangin
19 24.373.43 Jl. Lintas Sumatera Kec. Pemenang Merangin
20 24.372.32 Jl. Lintas Sumatera Desa Singkut Sarolangun
21 24.373.50 Jl. Lintas Sumatera Dusun Tanjung Rambal Sarolangun
22 24.373.28 Jl. Lintas Sumatera Desa Pelawan Singkut Sarolangun
23 24.365.47 Jl. Raya Lintas Timur Sumatera KM 153 Tanjab Barat
24 24.365.52 Jl. Raya Jambi-Kuala Tungkal Kec. Betara Tanjab Barat
25 24.366.36 Desa Mendahara Tanjab Timur
26 24.365.56 Desa Talang Babat Kec. Muara Sabak Tanjab Timur

Selamat menunaikan Ibadah Puasa..menyambut Hari Kemenangan 1432 H.
Minal Aidzin wal Faidzin...


PT PERTAMINA (PERSERO)
Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel
Ast.Man External Relation,

Roberth MV Dumatubun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar