Senin, 14 Desember 2009

Press Release Pertamina Pemasaran BBM Retail Region II

 

“SECURITY OF SUPLAI” 

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2009 - 2010

 

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) mengalami peningkatan diakhir tahun. Demi menjaga kelancaran dan kenyamanan masyarakat saat menghadapi moment akhir tahun,  Pertamina Pemasaran Sumbagsel telah menyiapkan berbagai strategi dan persiapan demi menjaga dan memberikan jaminan ketersediaan BBM maupun Gas LPG yang ada di wilayah kerjanya (meliputi 5 Propinsi : Jambi, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, terutama Sumatera Selatan).


Adapun berbagai persiapan tersebut antara lain :


Dari Sisi Retail BBM :

1.      Berkoordinasi dengan SPBU untuk memantau ketersediaan stok BBM di SPBU dan menerima laporan dan keluhan serta permintaan apabila terjadi indikasi lonjakan konsumsi BBM di SPBU dan menyebabkan stok kritis di SPBU. Terdapat 124 SPBU di Sumsel yang akan dimonitor baik kondisi stok maupun suplainya melalui SATGAS yang segera bertugas mulai menjelang Natal sampai Tahun Baru 2010.

2.      Berdasarkan kuota BBM bersubsidi di Sumsel untuk tahun 2009 sebesar 551.890 diprediksi akan ada kenaikan konsumsi di bulan Desember baik solar maupun premium. Untuk Solar diperkirakan konsumsinya akan naik sebesar 2 persen dan premium akan naik sebesar 6 persen dari total kuota 2009.

3.      Berkordinasi dengan fungsi Suplai dan Distribusi (internal Pertamina) untuk lebih mengamankan dari sisi Suplai dan Distribusi BBM.

4.      Menghimbau dan meminta kepada Pihak Pengusaha SPBU untuk berkordinasi dengan Pihak Kepolisian dalam rangka meningkatkan keamanan di SPBU.

5.      Menghimbau dan meminta kepada SPBU untuk dapat beroperasi 24 jam terutama bagi SPBU agar masyarakat tidak kesulitan dalam mengisi BBM.


Dari Sisi Suplai dan Distribusi :

1.     Menyiapkan strategi alih suplai dengan menggunakan mobil tanki apabila di disalah satu depot atau wilayah kerjanya mengalami penipisan stok BBM akibat peningkatan konsumsi yang signifikan.

2.     Total armada tangki yang digunakan untuk angkutan BBM di wilayah Sumsel sebanyak 69 tanki yang terdistribusi 56 dari Depot Kertapati dan 13 dari Depot Lubuk Linggau.

3.     Apabila diperlukan akan melakukan penambahan pola angkut melalui mobil tanki untuk menambah kehandalan angkutan BBM via darat.

4.     Dalam kondisi emergency, mobil tanki industri dapat dikerahkan untuk ikut mengangkut BBM bersubsidi demi kelancaran suplai BBM.

5.     Menerapkan Built Up Stock di depot-depot agar meningkatkan ketahanan stok BBM di depot.

6.     Untuk saat ini ketahanan stok (Safe Capacity) BBM baik premium, solar dan avtur dalam kondisi aman. Untuk Premium ketahanan stok mencapai 14 hari, Solar selama 11 hari dan avtur berada di atas 15 hari.

7.     Jika diperlukan menambah jam kerja pelayanan di depot sampai malam hari apabila dibutuhkan untuk menyelesaikan pelayanan penyaluran BBM pada hari itu juga.


Dari sisi Pertamax :

 

1.      Pertamax sebagai produk BBM non subsidi saat ini mengalami kenaikan permintaan yang cukup pesat. Hal ini terlihat dari peningkatan permintaan total permatax di Sumsel mencapai lebih dari 200 persen. Data permintaan pertamax tahun 2008 sebanyak 3.165 KL  dan diprediksi hinga akhir 2009 permintaan akan pertamax akan mencapai lebih dari 6.500 KL

2.      Hal ini menunjukkan animo positif masyarakat Sumsel akan penggunaan bahan bakar yang berkualitas tinggi ini.

3.      Guna Meningkatkan penjualan pertamax, Pertamina terus melakukan promosi. Untuk Akhir tahun pertamina menggelar promo beli pertamax berhadiah motor khusus di dua SPBU COCO milik Pertamina di wilayah Sumsel.


Dari Sisi Gas Domestik (Gas LPG) :

 

1.      Untuk saat ini serapan konsumsi LPG terhadap produksi gas baru berkisar 60%, Gas Domestik memberikan jaminan ketersediaan stok LPG kepada masyarakat.

2.      Mendatangkan 2 unit kendaraan/mobil G-Serve yang akan mobile dan meninjau langsung ke lokasi apabila terdapat laporan dari masyarakat adanya kelangkaan atau kesulitan dalam mendapatkan LPG.

3.      Saat ini sudah terdapat 4 SPPBE yang beroperasi di Sumsel sehingga kondisi suplai dan distribusi menjadi lebih terjamin. Ke empat SPPBE tersebut antara lain Depot LPG Pulo Layang,  SPPBE Kalindo Palembang, SPPBE Sumber Gas Sukses (Khusus pengisian tabung 3 kg) Palembang, dan  SPPBE Badar Musi Mulia Lubuk Linggau.

 

Pertamina membuka jaringan komunikasi yang seluas-luasnya bagi Masyarakat khususnya dan bersama instansi terkait seperti Kepolisian, Pemerintah Daerah, dan Media serta Instansi lainnya untuk bersama mengawasi distribusi BBM di wilayah Sumatera Selatan agar tidak terjadi penyelewengan yang menyebabkan Masyarakat menjadi kesulitan untuk memperoleh BBM dalam rangka menikmati saat-saat menjelang Natal dan pergantian tahun dari 2009 ke 2010.

Demikian beberapa strategi dan langkah-langkah antisipasif yang disiapkan oleh Pertamina dalam rangka mengamankan ketersediaan BBM menjelang puasa dan lebaran sesuai dengan tema Pertamina di Tahun 2009 yaitu ”Security of Supply”.

 

Pemasaran BBM Retail Region II

External Relation




 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar