Rabu, 12 Agustus 2009

Pertamina Sumbang 2000 Kacamata Gratis (CSR)


Bright with Pertamina
Kacamata Gratis untuk 2000 Siswa Sekolah



PALEMBANG. Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan General Manager Pertamina Pemasaran BBM Retail Region II, Hasto Wibowo menyerahkan secara simbolis 2.000 kacamata gratis kepada siswa-siswi di wilayah Palembang dan Prabumulih (Jumat, 14 Agustus 2009 bertempat di RS Mata Palembang). Kacamata tersebut dibagikan kepada siswa-siswi SD dan SMP yang mengalami gangguan penglihatan dan berasal dari keluarga kurang mampu. 
Pemberian kacamata tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) “Bright with Pertamina”, yaitu program yang bertujuan membantu pemerintah untuk meningkatkan kesehatan mata anak usia sekolah. 
Selama sebulan terakhir, Pertamina bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Propinsi Sumsel dan Yayasan Peduli Kemanusiaan melakukan pemeriksaan mata di SD dan SMP yang berada di sekitar unit operasi Pertamina di Kota Palembang dan Prabumulih. Pemeriksaan dilakukan oleh para optisian dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumsel dan RS Khusus Mata Masyarakat Palembang. Dalam pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa ada ribuan anak yang menderita gangguan penglihatan tanpa disadari sebelumnya, bahkan banyak pula diantaranya yang menderita gangguan penglihatan dalam taraf memprihatinkan. 
Gangguan penglihatan memang seringkali dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Padahal, mata yang tidak berfungsi dengan baik akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi anak-anak usia sekolah, mata yang sehat merupakan modal penting untuk dapat belajar dengan baik. 
Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa Indonesia menempati urutan pertama negara di Asia Tenggara dengan angka kebutaan tertinggi, yakni hingga 1,5%. 10% anak usia sekolah (5-19 tahun) menderita kelainan refraksi dan angka pemakaian kacamata koreksi masih rendah yaitu 12,5% dari kebutuhan. Ini merupakan masalah sosial, sehingga penanggulangannya harus komprehensif, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat luas. 
Untuk itulah, dikatakan Hasto Wibowo, Pertamina melalui program “Bright with Pertamina” berupaya berpartisipasi membantu pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata anak usia sekolah. Program ini dilakukan di propinsi-propinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, dengan total 11.000 kacamata. 
Pertamina sebagai perusahaan miliki bangsa, selalu concern terhadap masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Ia berharap partisipasi Pertamina ini dapat mendukung mewujudkan generasi muda Sumatera Selatan yang sehat, cerdas, produktif dan mandiri. 



PT Pertamina (Persero)
Pemasaran BBM Retail Region II
External Relation



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar