Rabu, 30 September 2009

PERTAMINA SUKSES AMANKAN SUPLAI BBM LEBARAN 2009

PERTAMINA SUKSES AMANKAN SUPLAI BBM LEBARAN 2009

Konsumsi BBM H-7 ke H+7 Tertinggi Antara 29 % - 102 %,

Terfokus di Jambi, Sumsel, dan Lampung

 

Pertamina Pemasaran BBM Retail Region II Sumbagsel telah membuktikan keseriusannya sekaligus menepati janjinya kepada masyarakat Sumsel khususnya dan kepada masyarakat umum yang menggunakan Jalur Lintas Sumatera Bagian Selatan untuk tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan BBM dalam masa puasa dan idul fitri. Masyarakat pengguna transportasi darat baik kendaraan umum maupun pribadi tidak mengalami kendala maupun hambatan berarti yang dikarenakan oleh ketidaktersediaan BBM di SPBU sepanjang jalur mudik di wilayah kerja Pertamina Pms.BBM Retail Region II.

Pertamina telah melakukan persiapan matang dengan berbagai skenario alternatif sampai dengan emergency untuk memberikan pelayanan maksimal dalam mendistribusikan BBM ke seluruh wilayah kerjanya terutama di jalur-jalur yang dilalui oleh pemudik maupun saat arus balik nantinya.

Persiapan dengan penambahan jam kerja pelayanan depot bbm, penambahan mobil tanki bbm, pembinaan personel, serta terutama pembentukan Satgas BBM dinilai cukup efektif dan efisien untuk memonitor dan berkordinasi dengan instansi terkait serta lembaga penyalur BBM untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam rangka menikmati saat mudik dan berlebaran.

Pertamina sebelumnya mengestimasi bahwa kenaikan konsumsi signifikan BBM diprediksi akan terjadi di H-7 sampai H+7 dengan kenaikan berkisar antara 30-50% dari konsumsi perharinya. Ternyata diluar dugaan kenaikan yang terjadi di satu hari titik konsumsi tertinggi sampai pada level 57% di Lampung, 76% di Sumsel, bahkan mencapai 102% untuk konsumsi premium di wilayah Jambi. Sedangkan untuk solar justru tidak terjadi lonjakan konsumsi yang signifikan dengan angka menunjukkan 23% di Jambi, 29% di Sumsel, dan tertinggi 39% di Lampung. Namun Pertamina telah siap dan memiliki langkah strategis yang ditujukan untuk tetap mencukupi kebutuhan BBM bagi masyarakat selama masa liburan dan cuti Lebaran.

Realisasi H-7 – H+7 2008 VS 2009

Walaupun terjadi peningkatan yang cukup signifikan di tahun 2009, namun Pertamina mencatat bahwa apabila dibandingkan dengan tahun 2008, tidak terjadi peningkatan yang cukup besar untuk konsumsi BBM pada saat lebaran.

Hal ini dihitung dengan membandingkan realisasi selama H-7 – H+7 di 2008 VS 2009 dengan hasil sebagai berikut :

  • Untuk Sumsel (Premium) rata-rata konsumsi harian selama lebaran 2008 sekitar 1.772  KL berbanding 1.871 KL di 2009 dengan peningkatan sekitar 6% sedangkan (Solar) di tahun 2008 sekitar 872 KL berbanding 885 KL di 2009 dengan peningkatan hanya sekitar 1%.
  • Untuk Lampung (Premium) rata-rata konsumsi harian selama lebaran 2008 sekitar 1.884  KL berbanding 1.988 KL di 2009 dengan peningkatan sekitar 5% sedangkan (Solar) di tahun 2008 sekitar 684 KL berbanding 859 KL di 2009 dengan peningkatan hanya sekitar 26%.
  • Sedangkan untuk Jambi (Premium) rata-rata konsumsi harian selama lebaran 2008 sekitar 667  KL berbanding 984 KL di 2009 dengan peningkatan sekitar 48% sedangkan (Solar) di tahun 2008 sekitar 321 KL berbanding 408 KL di 2009 dengan peningkatan hanya sekitar 27%.
  • Secara keseluruhan Sumbagsel (Jambi, Sumsel, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung) untuk Premium rata-rata konsumsi harian selama lebaran 2008 sekitar 5.207  KL berbanding 5.906 KL di 2009 dengan peningkatan sekitar 13% sedangkan (Solar) di tahun 2008 sekitar 2600 KL berbanding 2815 KL di 2009 dengan peningkatan hanya sekitar 8%.

 

Pertamina berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bijak menggunakan BBM secara hemat dan juga kepada seluruh instanti seperti Kepolisian dan Mitra Bisnis Pertamina serta Media yang telah bekerja sama dan bahu membahu demi kelancaran dan ketersediaan BBM bagi masyarakat saat Lebaran.

 

 

Regards,

 

Roberth MV

 

 

Minggu, 13 September 2009

PERTAMINA PEDULI DHUAFA

Pertamina Peduli Untuk Sumbagsel

412 juta dalam bentuk 4 Program sambut Idul Fitri 1430 H

 

Pertamina selaku corporate selain orientasi profit  juga berkomitmen untuk bagaimana secara terus menerus memberikan manfaat dan kontribusi yang besar kepada masyarakat luas terutama kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan.  Sebagai BUMN yang menjadi kebanggaan bukan hanya stake holder internal tetapi masyarakat Indonesia, momen Ramadhan dan hari raya Idul Fitri menjadi saat yang tepat bagi Pertamina untuk membuktikan kemanfaatannya lewat program Pertamina Peduli.

Menyambut hari raya Idul Fitri 1430 H, PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Retail Region II menunjukkan kepeduliannya lewat berbagai bentuk berbagai program. Mulai dari bentuk pemberian bingkisan Hari Raya Idul Fitri 1430 H bagi masyarakat yang kurang mampu, pemberian bingkisan khusus untuk sopir dan kenek tangki BBM, serta bantuan langsung ke panti sosial serta berpartisipasi besar dalam menyuksaeskan pasar murah yang diselenggarakan Disperindag. Total dana yang digelontorkan untuk program Pertamina Peduli di PT Pertamina (Persero) Tahun ini mencapai 2009 sebesar 412 juta.

Pemberian bingkisan ini merupakan wujud kepedulian Pertamina kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan dan diharapkan bisa menambah kebahagiaan menyambut hari kemenangan paket ini dilakukan di setiap depot utama dan kantor unit pemasaran region II.  Jumlah total paket yang dibagikan di seluruh depot (9 Depot dan 1 SPPBE) dan kantor unit sebanyak 2.000 bingkisan dengan total dana sebesar Rp 210 juta. Pemberian bingkisan ini diutamakan untuk masyarakat sekitar yang kurang mampu. Pelaksanaan pembagian sendiri digelar dimasing masing depot dan kantor Unit PT Pertamina (Persero) Pemasaran Retail Region II dengan masing masing depot mandapat 150-300 bingkisan tergantung jumlah dan kondisi masyarakat.

Dalam bingkisan yang diberikan Pertamina berisi bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, dan sarden.  Khusus untuk Kantor Pertamina Pemasaran Retail Region II dibagikan sebanyak 300 bingkisan. Pelaksanaan pembagian sendiri secara simbolis dilaksanakan di kantor Kantor Pertamina Pemasaran Region II, Sabtu (12/9).

Pertamina juga memberikan perhatian dan rasa kepedulian kepada mitra kerjanya dalam hal ini sopir dan kenek mobil tanki yang sangat berjasa dalam mengantarkan BBM dan memikul tanggungjawab besar akan keamanan dan stabilitas suplai serta pengiriman yang tepat waktu. Untuk itu Pertamina juga memberikan bingkisan hari raya Idul Fitri 1430 H kepada 488 sopir dan kenek mobil tanki dengan jumlah total bantuan sebesar Rp.45.140.000,-

Tidak hanya itu dalam kesempatan kali ini juga Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina Pemasaran Retail Region II melalui Badan Amil Zakatnya (Bazma) juga menyerahkan secara simbolis bantuan 37 lembaga dengan total bantuan kurang lebih Rp 37 juta. Lembaga penerima tersebut antara lain 28 panti asuhan, 5 masjid/ langgar, da 4 sisanya dari yayasan panti jompo, Perguruan Islam, Forum Persatuan Umat Sumsel, dan satu Madrasah Tsanawiyah (MTs).

        Pertamina menyadari betul bahwa Pertamina sangat dekat dengan masyarakat dan juga Pemerintah Daerah, oleh karenanya pertamina juga berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Propinsi Sumsel dengan menyediakan beras murah sebanyak 60 Ton dan bernilai sekitar 120 juta rupiah.

             Diharapkan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1430 H ini Pertamina dapat lebih mewujudkan kepeduliannya kepada masyarakat dan sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan harapan bahwa masyarakat dapat juga merasa memiliki Pertamina dan bekerja sama dalam rangka mengawasi suplai dan Distribusi produk Pertamina serta membantu mengamankan Pertamina sebagai asset negara dan asset seluruh masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.**

 

Regards,

Roberth MVD